Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Coba Susul Nissan dan GM Soal Otonomos

Kompas.com - 07/10/2015, 16:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Motor Corp. memperkenalkan sistem komunikasi antar mobil yang disebut ITS Connect pada teknologi otonomos yang selama ini telah dikembangkan pada Lexus GS di Tokyo, Jepang, Selasa (6/10/2015). Toyota yakin teknologi otonomos pada akhirnya bisa digunakan umum pada 2020.

ITS Connect membuat mobil-mobil berkomunikasi lewat cara berbagi data keberadaan, menyeleksi blind spot, memperingati penggantian lampu merah, dan menjaga jarak di jalan. Toyota mengatakan fitur baru ini siap dipasarkan tahun ini juga pada model pertama sedan mewah Crown.

“Ini adalah langkah penting buat kami. Berkendara otomatis akan mengubah konsep mobil,” kata Moritaka Yoshida, Toyota Chief Safety Technology Officer, seperti diberitakan Automotive News.

Teknologi ini mendorong ke arah positif tentang pertanyaan seberapa aman otonomos. Selain itu buat Toyota, ITS Connect jadi pembeda dibanding merek lain dalam kompetisi membuat nyata mobil yang bisa berkendara tanpa sopir.

Selama ini dirasa banyak manufaktur fokus mengembangkan sistem keamanan pasif seperti memperkuat bodi dan inovasi sabuk pengaman. Hal itu dianggap seperti menurunkan teknologi yang sudah ada pada mobil mewah ke model mainstream. Teknologi ITS Connect mengunggulkan Toyota dalam hal keselamatan berkendara, karena jadi bagian sistem keamanan yang mencegah kecelakaan.

Toyota bersaing dengan Nissan, General Motors, dan Google, yang pernah berjanji pengembangan mobil kemudi independen bisa digunakan mulai 2020.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com