Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Naik Taksi Tanpa Pengemudi?

Kompas.com - 08/10/2015, 07:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Saat Google makin serius mengembangkan mobil tanpa awak, di Tokyo, Jepang, ada langkah lebih berani saat taksi tanpa awak bakal diopersaikan langsung di jalan umum tahun depan.

Inilah terobosan dari perusahaan patungan antara pembuat video DeNA Co dan pengembang teknologi mobil tanpa awak ZMP Inc. Kendaraan itu disebut Robot Taxi, dan menurut Japan Times, seperti dilansir autoevolution, (6/10/2015), akan mulai dijajal penumpang awal 2016.

Mobil-mobil tersebut akan mengangkut 50-an orang dari Fujisawa, perfektur Kanagawa yang didesain untuk berkendara jareak pendek. Uji coba langsung ini adalah bagian dari rencana yang lebih besar, yakni terintegrasi dengan jalanan umum di Tokyo sebelum para wisatawan meramaikan Olimpiade Musim Panas, Tokyo, 2020 mendatang.

Memang, banyak perusahaan di dunia yang berlomba dan bereksperimen soal mobil tanpa awak. Tapi jika benar ”taksi robot” ini mulai jalan tahun depan, berarti dia akan menjadi yang pertama di dunia mobil tanpa awak dioperasikan langsung.

Penumpangnya pun orang-orang pada umumnya, bukan insinyur, perancang, atau programmer seperti yang saat ini digunakan Google.

Pemerintah Perfektur Kanagawa pun menyambut baik rencana perusahaan untuk menghadirkan taksi tanpa awak. Setelah uji coba di Kanagawa, akan ada dua uji coba lagi yang akan dilakukan untuk menyempurnakan penggunaan taksi robot ini.

Berikut video penjelasan Taxi Robot:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com