Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motorrad, Honda, dan Yamaha Sepakat dalam Satu Kata

Kompas.com - 07/10/2015, 15:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Bordeaux, KompasOtomotif – Kerap menjadi rival di persaingan penjualan sepeda motor global, akhirnya BMW Motorrad, Honda, dan Yamaha bisa sepakat dalam satu kata. Ketga perusahaan siap melakukan kolaborasi mengembangan teknologi komunikasi vehicle-to-vehicle pada sepeda motor.

Teknologi itu diberi nama Cooperative-Intelligent Transportation Systems (C-ITS) yang menggunakan sinyal antar sepeda motor untuk memperingatkan rider akan bahaya yang mengancam di persimpangan.

Kata sepakat ini diperoleh saat ketiga produsen menandatangani kerjasama dalam ITS World Congress di Bordeaux, Perancis, Selasa (6/10/2015). Teknologi ini lebih canggih dibandingkan peringatan real time yang ditawarkan sistem navigasi. C-ITS mengandalkan integrasi informsai dari teknologi komunikasi dan infrastruktur.

Mereka pun membentuk konsorsium yang dinamakan Connected Motorcycle Consortium dan akan lebih serius mengembangkan teknologi ini. Ketiga merek juga menjadi anggota European Association of Motorcycle Manufacturers (ACEM) yang menargetkan penggunaan C-ITS minimal pada 2020.

Tiga produsen sepeda motor ini sebelumnya sudah bergabung dalam konsorsium bernama Car2Car Communication Consortium bersama merek-merek mobil dunia seperti Ford, Daimler, hingga Volkswagen, juga mengembangkan teknologi yang sama.

”Perusahaan kami menjadi anggota aktif konsorsium Car2Car Communication. Kami menyadari bahwa peralatan yang dikembangkan itu juga dibutuhkan untuk sepeda motor,” kata Takaaki Kimura, Chief General Manager of Technology Center Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com