Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ertiga Mau Dipasarkan dengan Teknologi Hibrida Murah

Kompas.com - 29/09/2015, 09:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Di pasar otomotif nasional, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah meluncurkan kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) Ertiga facelift. Di India rencananya, Ertiga dengan perubahan minor ini mulai dijual pada 10 Oktober 2015 mendatang. Menjelang peluncuran, bocoran Ertiga terus terungkap, bahkan terakhir mengenai teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Pada Suzuki Ertiga facelift ini seperti diberitakan laman Indianautosblog, Selasa (29/9/2015) akan menggunakan teknologi hibrida murah pada varian mesin diesel. Suzuki di India sudah menerapkannya pada model Sedan Ciaz yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

SHVS biasa dijuluki sebagai teknologi hibrida sederhana atau mild hybrid asli buatan Suzuki. Sistem ini terdiri dari sebuah ISG (integrated starter generator), yang menghasilkan tenaga menggunakan motor.

Energi yang terbuang dalam sistem ini bisa dimanfaatkan kembali memanfaatkan sistem hibrida.. Sistem dipadukan dengan baterai lithium ion mampu menyimpan energi listrik dari gaya kinetik yang disebabkan dari proses pengereman. Teknologi ini dipercaya Suzuki ideal untuk mobil-mobil berukuran kompak. Hasilnya, rata-rata konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Indianautosblog Bocoran spesifikasi Suzuki Ertiga Facelift di India.

Tak hanya itu, bocoran yang bersumber dari dokumen Suzuki menerangkan, bahwa Ertiga tipe transmisi otomatis akan menggunakan 4-percepatan dan motor penggerak 1.4-liter K14 VXi dan manual 5-percepatan akan tersedia di semua varian mesin bensin dan diesel.

Untuk pasar lokal India, Ertiga facelift juga akan mendapatkan tambahan fitur start/stop engine, penyempurnaan sistem pengereman. dan beberapa detail ubahan tambahan. Maruti Suzuki juga berani mengklaim kalau rata-rata konsumsi bahan bakar Ertiga baru ini lebih irit dibandingkan dengan model sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com