Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Wujud Generasi Terbaru VW Tiguan

Kompas.com - 15/09/2015, 10:37 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Kabar mengenai Volkswagen (VW) sedang mengembangkan Tiguan generasi terbaru bukan isapan jempol belaka. Buktinya, produsen mobil asal Jerman itu membocorkan sketsa desain Tiguan terbaru sebelum resmi melantai di Frankfurt Motor Show, 17-27 September 2015.

Sketsa desain Tiguan generasi terbaru ini seperti diberitakan Worldcarfans dari keterangan resmi VW, Selasa (15/9/2015) sangat dipengaruhi oleh konsep Cross Coupe GTE. Bisa dilhat dari bentuk lampu, bodi depan, hingga bagian belakang. Tapi, kesan elegannya lebih diutamakan, terutama bagian ventilasi alias gril ruang mesinnya.

Meski keran informasi resmi baru diungkapkan pekan depan, spekulasinya Tiguan ini bakal menggunakan platform MQB sehingga dimensinya akan lebih panjang dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun punya overhang lebih pendek.

Sementara itu, sistem penggerak akan memanfaatkan mesin bensin 1.4-liter TSI yang mampu menghasilkan tenaga 123 tk. Varian diesel pun akan disediakan dengan kapasitas mesin 2.000 cc yang menyemburkan daya 236 tk. Menariknya lagi, bobot Tiguan ini akan 80 kg lebih ringan dari model saat ini.

Tiguan merupakan SUV terbaru VW yang pertama kali diperkenalkan dalam sosok konsep di ajang Los Angeles International Auto Show, 2006 silam. Setahun kemudian (2007), Tiguan mulai diproduksi di Wolfsburg dan diklaim sebagai SUV yang diciptakan khusus untuk pasar Amerika Serikat. Kala itu, VW membekalinya dengan mesin empat silinder segaris dengan transmisi manual dan otomatis 6 percepatan serta 7 percepatan DSG dual-clutch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com