Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pamer Hilux Bertenaga "Supercar"

Kompas.com - 07/09/2015, 14:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cape Town, KompasOtomotif – Toyota membangun pikap khusus untuk merayakan penjualan Hilux yang ke-1 juta unit. Setelah dimodifikasi sedemikian rupa, tenaga mesin Hilux naik drastis menjadi 450 tk atau hampir setara dengan Ferrari F430. Hasil tersebut melambangkan kekuatan pikap yang sangat terkenal dan menjadi salah satu yang sukses di dunia itu.

Mesin dahsyat itu dibangun dari jantung pacu Hilux yang dipakai di Dakar Rally dan cross country di Afrika Selatan, yakni 5.000 cc V8. Namun para insinyur Toyota tak membiarkannya standar, tenaga dinaikkan lagi 34 tk dari standarnya 416 tk.

Tenaga besar itu disalurkan melalui kopling twin-plate ke transmisi standar Hilux turbodiesel. Namun beberapa peranti harus dikustom seperti bellhousing untuk membuat komponen transmisi itu bisa menyatu dan ”akur”.

Sistem penggerak empat roda juga dimodifikasi untuk menangangi tenaga yang besar. Penyedot pelumas didesain khusus untuk mengakomodasi diferensial pada as roda depan.

JIka dinilai, mobil ini diperkirakan mencapai 1 juta rand Afrika Selatan, atau setara lebih dari Rp 1 miliar. Toyota hanya punya satu unit, dan ternyata banyak permintaan dari konsumen untuk membawanya pulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com