Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Amankan Jalur Mudik di Jawa Barat

Kompas.com - 14/07/2015, 12:21 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Memasuki musim mudik Lebaran 2015, PT Nusantara Jaya Sentosa (NJS), sebagai diler utama Suzuki di Bandung dan Priangan Timur, menunjuk 38 bengkel resmi untuk melayani pertolongan darurat buat mobil para pemudik. Program ini bergulir mulai H-5 hingga H+5 Lebaran.

“Kami menunjuk 38 bengkel resmi di Jabar untuk membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan darurat di mobilnya. Jadi, jika mobil Suzuki pemudik bermasalah atau mengalami hambatan di tengah perjalanan, bisa langsung memasukkannya ke bengkel resmi,” ujar Head of Regional Training Suzuki Jawa Barat, PT NJS Bandung, Toni Sugiharto Koswara, di Bandung, Selasa (14/7/2015).

Selain bengkel resmi, PT NJS membuka lima pos siaga di lima titik kemacetan jalur mudik. Kelima titik itu yakni di Puncak, Cikopo, Pejagan, Nagreg, dan jalur Jateng dan Jatim. Posko siaga ini berupa tenda yang dilengkap dengan 4-5 orang teknisi. Para teknisi tersebut bisa membantu perbaikan mobil yang tidak terlalu berat, termasuk penggantian sparepart, ataupun pengecekan rutin.

Untuk perbaikan berat, sambung Toni, jika tidak bisa diselesaikan di posko, mobil akan dibawa ke bengkel resmi. Dan untuk membantu mobil rusak di tengah perjalanan yang jauh dari posko atau bengkel resmi, pihaknya menyediakan mobil Derek.

“Di pos siaga ini juga, pemilik mobil Suzuki bisa beristirahat sejenak dengan bersantai-santai sebelum kembali melanjutkan perjalanan,” tutur Toni.

Untuk Tol Cipali, Toni megungkapkan, pemudik bisa memanfaatkan posko siaga di gerbang Tol Cikopo dan bengkel resmi di Cirebon. Ia menilai, kedua tempat tersebut sudah cukup.

Tips mudik
Bagi yang akan mudik, Toni pun membagikan tipsnya. Pertama, persiapkan mental dan fisik pengemudi. Karena pengemudilah yang akan menentukan laju perjalanan mudik Anda. Pengemudi pulalah yang menjadi ujung tombak keselamatan dalam perjalanan.

Kedua,  pastikan kendaraan Anda dalam kondisi primam Caranya, dengan melakukan pemeriksaan hal-hal vital. Pemeriksaan tersebut bisa dilakukan sendiri, seperti memeriksa tekanan angin ban sebelum melakukan perjalanan. Lalu pemeriksaan air radiator. Karena air radiator akan sangat mempengaruhi sistem kendaraan Anda. Selanjutnya periksa oli mesin, dan lainnya.

Ketiga, bagi Anda yang tidak mengerti soal mesin mobil, ada baiknya membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel resmi. Namun yang terpenting untuk urusan mobil adalah, lakukan service berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com