Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Fokus di Komponen Lokal

Kompas.com - 13/07/2015, 10:41 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia Motor Manufaturing (TMMIN) meminta dukungan kepada pemerintah melalui Kementerian Perindustrian untuk lebih fokus pada pengembangan industri komponen lokal. Ini menjadi strategi TMMIN untuk bisa meningkatkan komponen kendaraan yang benar-benar diproduksi secara lokal.

Perkembangan industri otomotif saat ini sudah sedemikian pesat. Masalah yang dihadapi oleh para pelaku industri adalah tingkat komponen dalam negeri masih terbilang sedikit. Industri komponen juga sangat berpengaruh oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Situasi ini membuat Toyota Indonesia coba menghimpun cara untuk menggerakan tingkat komponen dari dalam negeri.

"Saat ini yang diperlukan adalah lokal konten yang benar-benar murni. Kami baru saja berdiskusi dengan Kemenperin, mengenai komponen lokal tier II dan III (pendukung), harapannya, road map yang sudah ada makin diperhatikan oleh pemerintah. Pasalnya, saat ini secara ekonomis belum terlalu terlihat," jelas Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN, saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (13/7/2015).

Warih melanjutkan, untuk memulai strategi pure komponen lokal, saat ini yang diperlukan para pelaku industri komponen lokal di tingkatan II dan III adalah joint venture (mencari mitra bisnis). Kerja sama ini perlu dilakukan pelaku industri yang lebih kecil, kepada para pemilik teknologi, dalam hal ini perusahaan komponen yang lebih besar.

"Kita tidak bisa berdiri sendiri, cara paling mudah tentu saja dengan joint venture lebih dulu. Insutri hulu harus dimulai dengan kerja sama dengan para pemegang industri tersebut. Lalu langkah lainnya adalah pengembangan sumber daya manusia," lanjut Warih.

Lebih lanjut Warih mengharapkam, pendalaman industri komponen lokal ini bisa makin terpacu lebih cepat. "Beberapa sudah memulai lebih dulu seperti Krakatau Steel, dan ini sangat baik. Mudah-mudahan tahun depan sudah semakin maju, hingga industri komponen lokal ini memang benar-benar murni berasal dari Indonesia," tutup Warih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com