Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Baru Avanza Masih Buatan Daihatsu

Kompas.com - 05/06/2015, 09:44 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Kabar lanjutan mengenai Toyota Avanza terbaru terus bergulir. Sebelumnya disebutkan bahwa Avanza facelift ini akan menggunakan mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence).

Avanza tetap punya dua pilihan mesin yaitu berkapasitas 1.3L dan 1.5L. Mesin baru akan menggantikan model lama yakni 1.3L berkode K3-VE dan 1.5L kode 3SZ-VE yang diproduksi Daihatsu Indonesia.

KompasOtomotif coba menggali informasi mengenai mesin baru tesebut, apakah masih produksi Astra Daihatsu Motor (ADM), atau sudah diproduksi terpisah dan dipegang langsung oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Pihak TMMIN mengonfirmasi bahwa mesin Avanza masih dibuat oleh Daihatsu. Ini mengartikan bahwa Daihatsu tetap menjadi perakit duet mobil sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

"Mesin Avanza masih diproduksi Daihatsu. Kami belum memproduksi mesin baru untuk Avanza. Memang ada mesin baru, tapi untuk produk yang lain, bukan Avanza," jelas Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT TMMIN saat dihubungi KompasOtomotif, Jumat (5/6/2015).

Warih tidak menjelaskan lebih lanjut soal mesin baru yang sedang disiapkan TMMIN. "Kalau soal mesin baru untuk produk apa, saya belum bisa informasikan lebih lanjut. Tapi memang mesinnya mirip-mirip dengan mesin Avanza-Xenia yang sekarang," ujar Warih lagi.

Baca juga:
1. Mesin baru Toyota Avanza facelift
2. Ubahan pada bagian depan Avanza
3. Begini bagian belakang Avanza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com