Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Atletis Baru BMW Indonesia, Sama Gen Beda Rasa

Kompas.com - 26/06/2015, 11:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – BMW Indonesia (BMW Indonesia) telah melengkapi line up model SUV mereka dengan meluncurkan dua model baru sekaligus, All-New X5 M dan All-New X6, di Jakarta, Kamis (25/6/2015). Keduanya mewarisi gen performa yang sama dan berbagi berbagai spesifikasi, lantas apa saja perbedaannya?

Product Planning Manager BMW Indonesia Dennis A. Kadaruskan menjelaskan, kedua model punya karakter individual yang sama tapi punya desain berbeda. Perbedaan paling mencolok bisa dilihat dari pandangan pertama, sama seperti varian standar X5 M punya bodi SUV 5-pintu sedangkan X6 M didesain seperti crossover 5-pintu dengan buritan mirip kupe.

Febri Ardani All-New BMW X5 M.


Dennis melanjutkan, beda tipe bodi memengaruhi beberapa hal, misalnya yaitu kapasitas bagasi. X5 M lebih fungsional sebab bisa mengangkut lebih banyak barang. Bodi belakang yang melandai milik X6 M bisa jadi terlihat keren tapi jelas memangkas ruang angkut di belakang jok baris kedua.

Perbedaan lain, X5 M menggunakan sunroof dan panoramic roof sedangkan X6 M, disesuaikan dengan bodi, hanya bisa menggunakan sunroof.

Febri Ardani All-New BMW X6 M.


Dari data spesifikasi, panjang bodi X5 M 4,88 m, lebar 1,985 m, dan tinggi 1,754 m. X6 M sedikit lebih besar tapi lebih pendek dengan panjang bodi 4,9 m, lebar 1,989 m, dan tinggi 1,689 m. Kedua model berbagi desain eksterior yang sama dan tentu memiliki lambang M sebagai label model performa BMW.

Desain eksterior akan disukai tipe konsumen yang berbeda, Dennis mengungkap X5 M mungkin disukai keluarga muda yang suka rekreasional sementara salah satu jenis konsumen yang cocok untuk X6 M, yaitu eksekutif “single” yang sukses.

All-New X5 M dan All-New X6 lari dari kesan off-road, racikan pengembangan divisi performa BMW M menjadikannya punya hasrat berlari di sirkuit. Basisnya jelas, mesin V8 4.4L yang ada di bawah kedua kap mesin adalah mesin berkapasitas terbesar yang pernah dikembangkan M.

Luapan tenaga saat dipacu maksimal mencapai 575 tk @6.000 – 6.500 rpm, tapi sebenarnya senjata utama X5M dan X6 M lahir dari torsi, yaitu 750 Nm @2.200 – 5.000 rpm. KompasOtomotif pernah menyaksikan dua unit ini dikemudikan di German Center Indonesia, BSD, Tangerang Selatan. Saat itu terlihat jelas, pengemudi kesulitan memarkir di tempat sempit, pasalnya tenaga langsung menyentak padahal pedal gas baru disentuh perlahan.

All-New X5 M yang lebih fungsional dijual Rp 3,149 miliar, sedangkan All-New X6 M dengan desain lebih stylish dibanderol lebih mahal Rp 100 juta (Rp 3,249 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com