Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Leasing" Bantah Intervensi Pembelian Kredit

Kompas.com - 14/04/2015, 11:24 WIB


Jakarta, KompasOtomotif -
Fenomena sulitnya mendapatkan pembelian kendaraan bermotor secara runai dibandingkan kredit, jelas akan merugikan konsumen yang ingin melakukan pembayaran tunai.

Seperti sudah dibahas sebelumnya, ada konsumen yang ingin membeli secara cash, tapi tenaga penjual atau sales mengatakan barangnya inden. Namun, jika membeli kredit barang ready stock dan siap diantarkan langsung.

Fakta ini mengarah kepada stimulus yang diberikan perusahaan pembiayaan (leasing) kepada sales. Penelusuran KompasOtomotif, berhasil mendapatkan pengakuan dari sales yang menyebutkan bahwa memang insentif dari leasing cukup menggoda. Bentuknya bonus ini beragam, dan yang paling banyak adalah pemotongan uang muka.

”Besarannya macam-macam, tapi semakin besar DP (uang muka), biasanya semakin besar refund. Misalnya, DP Rp 2 juta, yang disetor ke leasing bisa separuhnya. Sisanya buat sales atau dealer. Kalau DP Rp 500 ribu, insentifnya juga kecil. Itu kesepakatan saja sama leasing,” jelas salah seorang sales di bilangan Depok, Jawa Barat ini.

PT Federal International Finance (FIF Group) sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, mengakui adanya reward dari pihak leasing kepada dealer atau tenaga penjual. Tapi, ini sifatnya hanya insentif dan diberikan ketika memberikan orderan kredit.

"Insentif itu pasti ada, sebagai reward buat pihak dealer atau sales ketika memberikan orderan. Hanya bila ada kasus pembelian kredit lebih mudah daripada tunai, itu ada di ranah dealer. Kami hanya menerima masukan dan membantu konsumen bila ada yang ingin membeli secara kredit," jelas External Relation Head, Corporate Communication FIF Group, Arif Reza Fahlevi, saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (14/4/2015).

Reza melanjutkan, yang perlu ditegaskan adalah leasing tidak pernah menjadi hambatan kepada konsumen untuk membeli secara tunai. "Pada prinsipnya kami tidak pernah memberikan intervensi untuk mengejar pembelian kredit. Hanya saja, bila sales mengarahkan kesana, kemungkinan memang dia mengejar target penjualan atau reward tersebut."

Dijelaskan, pembelian secara kredit adalah salah satu solusi dalam mendapatkan sepeda motor atau barang lainnya. Perusahaan pembiayaan akan memberikan bantuan pembayaran kepada konsumen yang mungkin dananya masih terbatas bila ingin mendapatkan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com