Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Mobil yang Paling Banyak Ditarik "Leasing"

Kompas.com - 23/02/2015, 07:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bisnis jual-beli mobil tak bisa lepas dari mekanisme pembayaran kredit alias mencicil. Opsi ini dinilai sebagian besar konsumen Indonesia lebih efektif dan ringan untuk memiliki kendaraan baru.

Bicara soal kredit mobil, ada hal lain yang tidak bisa dilepaskan dari momoknya, yakni penarikan mobil-mobil kredit oleh lembaga pembiayaan (leasing) karena gagal mencicil. Lantas, mobil apa saja yang selalu menjadi langganan atau paling sering ditarik leasing dari konsumen?

Jodjana Jody, Chief Executive Officer PT Astra Sedaya Finance (Astra Credit Companies/ACC) mencoba berbagi fakta tersebut dengan KompasOtomotif di Jakarta, belum lama ini.

"Indikator paling mudah bagi mobil yang paling banyak ditarik dari konsumen, selaras dengan model dengan penjualan terlaris di pasar," jelas Jody.

Sepanjang 2014, jelas Jody, ACC mengaku sudah menarik sekitar 12.000 unit mobil yang gagal mencicil dari konsumen. Dari jumlah itu, ternyata dibedakan dari pembiayaan mobil baru dan bekas. Selain itu, juga dipecah lagi berdasarkan masing-masing merek yang ditarik.

"Kalau Toyota Avanza dan Kijang Innova dijumlah, hasilnya lebih dari setengah total tarikan yang dilakukan. Avanza itu tercatat 40 persen, sementara Innova sekitar 11 persen, jadi dua model itu mendominasi," beber Jody.

Tarikan merek lain yang juga besar, lanjut Jody, diperlihatkan oleh Daihatsu dengan model Gran Max pikap. "Gran Max itu kira-kira 44 persen, model lain seperti Xenia sekitar 38 persen, sisanya model lainnya," tukas Jody.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com