Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Balap Indonesia Butuh Apresiasi

Kompas.com - 05/02/2015, 11:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Nusa Dua, KompasOtomotif – Bakat balap pada pemuda Indonesia untuk level internasional itu harus ditemukan, karena semangat di olah raga balap yang kini berkobar di seluruh negeri butuh  apresiasi. Inilah kesimpulan saat KompasOtomotif dengan khusus mewawancarai Team Principal Honda Racing Corporation Livio Suppo, setelah peluncuran tim Repsol Honda 2015 di Bali, Minggu (1/2/2015).

Mimpi wajib tinggi, maka wajar bila Indonesia ingin berada di kasta pamungkas balap sepeda motor yakni MotoGP. Tapi yang perlu diingat ada proses menuju ke sana, instropeksi sambil mengembangkan diri adalah jalan terbaik membangun pondasi yang tepat.

“Untuk mengembangkan pebalap muda itu sangat sulit tapi penting untuk dilakukan. Anda perlu punya fasilitas dan setiap aktivitas motorsport itu sangat mahal, ini yang selalu jadi masalah di semua belahan dunia,” papar Suppo.

Menurut Suppo saat ini kompetisi yang paling tepat untuk didalami adalah Asia Dream Cup. Dikatakan, Asia Dream Cup adalah momen terbesar antara Honda dengan Dorna untuk membina pebalap muda. Kompetisi ini terbuka buat Indonesia, Jepang, Filipina, Thailand, India, dan Malaysia.

Rider dari area ini punya kesempatan untuk mencoba sepeda motor MotoGP 250cc. Ini yang kami rasa bisa membantu area ini membina pebalap muda. Kami memasukan mesin gratis, kami tidak memungut uang dari situ karena sudah pasti terlalu mahal. Ini satu-satunya cara. Anda harus membawa pebalap muda sampai di level tertentu, untuk menuju ke level itu Anda harus punya mesin balap dan lingkungan kompetitif,” terang pria asal Italia ini.

Pebalap Jepang dianggap paling berpengalaman, pebalap Indonesia bisa berkompetisi bersama dan belajar banyak. “Setiap tahun kami akan mendapatkan pebalap terbaik dan membawanya ke Eropa,” kata Suppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com