Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MV Agusta Akan Tetap "Bernafas" Italia

Kompas.com - 15/01/2015, 18:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – CEO Mercedes-Benz Dieter Zetsche menyatakan, pihaknya tak berambisi untuk memiliki saham kepemilikan MV Agusta lebih besar. Pernyataan itu sekaligus menepis spekulasi banyak pihak yang beranggapan produsen Jerman itu akan mengikuti langkah Audi yang membeli Ducati sepenuhnya untuk berbisnis di ranah roda dua.

Berbicara di sela Detroit Auto Show 2015, (14/1/2014), Zietsche mengatakan bahwa selalu menarik dan menjanjikan saat bekerjasama dengan perusahaan sepeda motor, seperti yang dilakukan perusahaan saat menggandeng Ducati sebelum diakuisisi Audi.

”Kami memang sedang bekerjasama dengan merek yang sangat prestisius. Namun, kami berpikir bahwa antara Mercedes-AMG dan MV Agusta adalah merek yang saling melengkapi. Kami menggarisbawahi bahwa kami tidak akan mengambil alih bisnis memproduksi sepeda motor, karena MV Agusta bisa mengerjakan lebih baik ketimbang kami,” urai Zietsche.

Komentar itu cukup melegakan bagi penggemar sepeda motor Italia, agar tetap bernafas Italia, bukan Jerman, seperti yang terjadi pada Ducati saat ini.

Di sisi lain, Mercedes-Benz melalui divisi AMG tidak memiliki risiko besar dalam hal pemasaran dan berbagi teknologi dengan MV Agusta.

Membeli 25 persen saham kepemilikan yang dirumorkan bernilai 30 juta Euro (setara Rp 445 miliar) diasa cukup untuk menunjang masa depan keduanya. MV Agusta saat ini juga tengah berjuang untuk beranjak dari ”merek butik” menjadi brand internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com