Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeldoko Ajak Produsen EV Gabung Periklindo

Kompas.com - 30/04/2024, 10:25 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran khusus kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 resmi dibuka, Selasa (30/4/2024). Pameran akan menampilkan 116 merek mobil, sepeda motor dan industri pendukung.

Ketua Umum Periklindo, Moeldoko, mengajak para produsen kendaraan listrik untuk bergabung dengan Periklindo. Sebab asosiasi yang baru berdiri 2021 ini merupakan jembatan kepada pemerintah selaku pembuat kebjiakan.

Baca juga: Chery Percepat Jual Merek Jaecoo di Indonesia

"Untuk memperjuangkan berbagai kepentingan yang ada. Periklindo bisa menjembatani agar kepentingan seluruh anggotanya dengan pemerintah sebagai pembuat kebijakan," kata Moeldoko saat pembukaan PEVS 2024, di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Test drive VinFast VFe34dok.VinFast Test drive VinFast VFe34

"Periklindo bisa menjembatani antara produsen dengan konsumen dan bisa memastikan bahwa usaha-usaha di bidang otomotif mendapat kepastian bidang usaha," ujar Moeldoko.

Moeldoko yang juga merupakan Kepala Staf Kepresidenan, mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu kedatangan produsen mobil asal Vietnam, VinFast sebagai anggota baru.

Baca juga: AISI Dorong Standardisasi Baterai Motor Listrik

"Untuk itu peran Perkiklindo sebagai bridging institutions (lembaga penghubung) harus tetap membangun ekosistem EV Indonesia," kata Moeldoko.

Di sisi lain, Moeldoko mengatakan adanya PEVS 2024 merupakan bukti keseriusan Periklindo sebagai wadah pelaku kendaraan listrik untuk mengembangkan industri dan ekosistem yang baik di Indonesia.

Hyundai City Store Lotte Shopping AvenueKompas.com/Nanda Hyundai City Store Lotte Shopping Avenue

Baca juga: Siap-siap, Mobil Listrik Jaecoo J6 Bakal Dijual di Indonesia

PEVS 2024 sendiri diikuti total 116 merek yang terdiri dari produsen mobil, sepeda motor, dan industri pendukung kendaraan listrik.

Untuk merek roda empat ada BYD, Chery, Seres, Mobil Anak Bangsa (MAB), Neta, MG, Wuling, BMW, sampai Prestige Image Motorcars.

Sedangkan untuk merek sepeda motor, ada Kymco, iONEX, Rakata, Selis,, VMOVE, Gesits, Volta, Greentech, Keeway, Astra Honda Motor (AHM) hingga ZPT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com