Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-AMG Beli 25 Persen Saham MV Agusta

Kompas.com - 02/11/2014, 10:00 WIB

Stuttgart, KompasOtomotif – Akhirnya, Daimler AG dan MV Agusta menjadi ”keluarga”. Setelah rumor santer beredar setahun terakhir tanpa kejelasan, produsen mobil Mercedes-Benz itu mengumumkan telah membeli 25 persen saham MV Agusta. Di masa akan datang, kedua merek ini akan bekerja bersama untuk urusan pemasaran dan penjualan.

Proses akuisisi seperempat saham kepemilikan ini masih harus dilengkapi, namun Daimler menyatakan akan membereskan selambat-lambatnya akhir November. Dijelaskan, Daimler akan meletakkan satu orang untuk berada di jajaran BOD MV Agusta.

”Kami menemukan pasangan sempurna untuk kendaraan roda dua. MV Agusta punya tradisi panjang, sama seperti Mercedes-Benz. Keduanya akan berbagai nilai dan tujuan di masa depan, misalnya performa kendaraan optimal, hingga teknologi olahraga balap untuk kendaraan jalanan,” kata Tobias Moers, CEO Mercedes-AMG.

Posisi keduanya kini akan semakin kuat, terutama image bagi penggemar kecepatan. Selain bekerjasama di area penjualan dan pemasaran, keduanya juga akan semakin banyak menggaet konsumen baru, terutama untuk penggemar kedua merek.

Kolaborasi antara produsen mobil Jerman dan pembuat sepeda motor Italia sudah pernah terjadi sebelumnya, ketika Audi membeli Ducati pada 2012. Bedanya, Audi membeli semua saham kepemilikan Ducati, sementara Mercedes-AMG hanya seperempat dari  saham MV Agusta.

Untuk MV Agusta sendiri, deal ini akan membuat merek punya dukungan kuat untuk tumbuh secara masif di dunia. ”MV Agusta dan Mercede-AMG adalah kombinasi pas, dua perusahaan yang fokus pada desain, performa tinggi, dan kesempurnaan. Mercedes-AMG akan membantu kami berkekspansi secara global untuk mempercepat pertumbuhan,” tukas Giovanni Castiglioni, President dan CEO MV Agusta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com