Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kunci Nuansa Kabin SUV yang Ideal

Kompas.com - 01/10/2014, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kenyamanan dalam kabin menjadi salah satu pertimbangan membeli mobil. SUV 7-penumpang kini menjadi salah satu sasaran tren mobil idaman setelah MPV, dengan alasan kapasitas yang sama, dengan kemampuan dan strata yang berbeda. Nilai tambah yang jelas membedakan antara MPV dan SUV adalah fleksibilitas diajak ”blusukan” di jalan off-road.

Tak sekadar daya tampung, SUV masa kini juga dituntut memberikan kabin yang nyaman serta lapang. Seperti kata Ary Yunanto Setiabudi, salah satu pengguna SUV yang kebetulan sehari-hari menggunakan Toyota Fortuner G A/T diesel lansiran 2012.

Menurut Ary, antara nyaman dan luas itu satu paket yang tak bisa dipisahkan. ”Selama menggunakan Fortuner, saya merasa nyaman, bisa membawa keluarga sampai baris belakang. Terasa lapangnya harus sampai baris ke-2 dan ke-3,” jelasnya kepada KompasOtomotif.

Patokan angka
Jika diukur berdasarkan angka, tambah Ary, sebenarnya tidak ada patokan kenyamanan kabin yang pasti. Hanya, menurutnya, yang penting tidak terasa sempit (untuk orang dewasa), dan masih ada sisa ruang untuk mengangkut barang.

Penuturan yang sama juga dilontarkan Hadi Sukrisno, penegak hukum yang sehari-hari menggunakan Toyota Fortuner VNT 2012. Pengalaman bepergian bersama keluarga menjadi momen menyenangkan, karena kabin mobil yang nyaman dan lega.

”Sejauh ini saya belum menemukan masalah naik Fortuner. Untuk mengajak keluarga jalan-jalan, bahkan kadang tetangga juga ikut kalau berlibur akhir pekan. Misalnya ke Bandung. SUV memang harus luas, selain tinggi,” tukas pria yang akrab disapa Prabu itu.

Kenyamanan jok juga menjadi kriteria tersendiri. Baris ke-3 bukanlah ”anak tiri” yang menggunakan bangku tipis dan ala kadarnya. Pendinginan kabin yang merata menjadi faktor pamungkas yang juga harus dipertimbangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com