Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Interior Honda NSX

Kompas.com - 25/09/2014, 13:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dibanding versi tahun lalu, mobil konsep Honda NSX yang dipamerkan pada IIMS 2014 telah mendapatkan banyak pengembangan. Selain terdapat penyempurnaan pada sektor aerodinamis, kini konstruksi interior pada kabin sudah lebih baik.

Walaupun masih tersedia versi setir kiri, bentuknya interior sudah meyakinkan, desain dan tata letaknya semakin jelas menuju produksi. Pertama kali menoleh ke kabin, warna merah langsung mendominasi. Aplikasinya ada di berbagai bagian, mulai dari jok, door trim, lantai, dan sebagian dasbor. Selain merah tak ada warna lain kecuali hitam. Kombinasi hitam-merah menguatkan rasa elegan, ditambah banyak bertebaran material serat karbon menambah kesan racing.

Interior direka minimalis, semua dibuat sesederhana mungkin. Tujuannya untuk mengurangi aktivitas  pengemudi saat berkendara, sehingga tetap konsentrasi. Tuas transmisi dan rem parkir diganti tombol kontrol, jadi mengoperasikannya hanya tinggal pencet. Hal tersebut memperlihatkan besarnya keinginan Honda mengonsentrasikan sistem operasional mobil ke konsol tengah. Penempatan ancang-ancang sistem audio sudah dibuat, dua speaker ada di belakang bagian kepala kedua jok dan pada tiap pintu.

Febri Ardani Tema warna kombinasi merah-hitam pada kabin Honda NSX Concept II.

Konsol tengah
Desain kemudi palang tiga dengan lambang “H” di tengah. Desainnya juga minimalis, hanya terdapat beberapa tombol yang kemungkinan akan difungsikan sebagai pengatur audio dan navigasi. Di belakang kemudi, ada pedal shift sebagai pilihan lain mengganti transmisi.

Belum ada pemandangan pada instrumen cluster, hanya terdapat dua indikator temperatur mesin dan bahan bakar, yang masih terlihat sederhana buat mobil sekelas NSX. Dua benda yang terlihat seperti pedal gas dan rem di bagian bawah depan jok pengemudi juga masih elementer.

Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, kabin NSX yang pernah datang pada IIMS 2013 lalu belum punya wujud nyata seperti sekarang. Itu juga yang menjadi alasan, saat tidak boleh ada kamera yang membidik sampai ke kabin. KompasOtomotif  mendapatkan kesempatan melihat lebih detail hasil karya Pusat R&D Honda America ini pada IIMS 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com