Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sasis Bus Terpanjang dan Paling Bertenaga

Kompas.com - 19/09/2014, 09:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mercedes-Benz meluncurkan sasis baru tipe OC 500 RF 2542 untuk bus di IIMS 2014, Kamis (18/9/2014). Dengan panjang mencapai 13,5 meter dan dilengkapi tiga poros roda, membuatnya menyandang predikat sebagai sasis bus pribadi terpanjang di pasar kendaraan komersial Indonesia.

Olaf Peterson, Director of Sales Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengatakan,  dengan panjang yang bertambah, kapasitas penumpang juga dipastikan bertambah. ”Akan ada tambahan dua row di belakang. Sasis ini akan memberikan pengalaman baru bagi penumpang bus dalam berwisata,” ujar Peterson.

Untuk mendukung kelebihan itu, mesin ditawarkan lebih baik, 6-silinder vertikal segaris, 12 liter, injeksi langsung, dengan turbo dan intercooler. Jantung pacu itu berpadu dengan transmisi otomatis 12-percepatan yang akan memudahkan pengemudi mengoperasikan kendaaan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 422 tk @1.900 rpm dan torsi "jumbo" 1.900 Nm di putaran rendah.

Canggih
Kombinasi tersebut diklaim menjanjikan akselerasi cepat dan pergeseran transmisi otomatis yang halus. Ini akan menjanjikan kenyamanan untuk setiap penumpang. Konsumsi bahan bakar juga diklaim jauh lebih irit, berkat rem cakram khusus dan sistem yang terintegrasi di dalamnya, mampu menghentikan pasokan bahan bakar saat tidak dibutuhkan.

Sektor lain yang juga diperhatikan adalah keamanan. Sasis baru ini sudah dilengkapi fitur keamanan yang memadai seperti Electronic Braking System (EBS), ABS, Acceleration Skid System (ASR), dan Electronic Stability Program (ESP). Semua teknologi itu berpadu agar bus tak mudah selip meski melaju kencang di jalanan licin dan berkelok

”Pertumbuhan pasar kendaraan komersial didukung dengan pertumbuhan dunia pariwisata, yang membutuhkan bus yang memiliki performa mesin tangguh, teknologi, sekaligus efisien dan aman. Kebutuhan itu dipenuhi oleh sasis OC 500 RF 2542,” tegas Peterson.

Harga yang dipatok adalah Rp 1,5 miliar. MBI sudah bisa menerima pemesanan sasis bus istimewa ini, berapa pun jumlahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com