Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru WRX S4, "Kesatria" Jepang untuk Masyarakat Lokal

Kompas.com - 26/08/2014, 22:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Subaru mempublikasikan tipe WRX khusus yang dipasarkan di Jepang, yakni S4. Mobil yang terkenal karena tenaga dahsyat dan sistem gerak spesial ini diposisikan sebagai kesatria yang akan bertarung di segmen sedan sport, tapi tidak untuk pasar ekspor.

Mobil ini dipasangi mesin 2.000 cc turbocharger empat silinder segaris yang sanggup mengeluarkan tenaga 296 tk. Semburan energi itu lebih banyak 30 tk ketimbang WRX STi yang diedarkan di berbagai negara di dunia. Sementara torsi mencapai 399 Nm.

Leftlanenews Subaru WRX S4 mirip versi STi namun beda di penampilan bemper depan.

Tenaga tetap ditransfer melalui transmisi CVT, dan menggunakan sistem gerak Symetrical All-Wheel Drive yang khas. Tidak ada transmisi 6-percepatan manual untuk tipe khusus Jepang ini.

Konsumsi bahan bakar diperkirakan mencapai 12 kpl untuk kondisi jalanan di Jepang rute kombinasi. Tidak disebutkan statistik performa, namun diperkirakan S4 bisa melaju dari diam hingga 100 kpj dalam 5,4 detik.

Perbedaan
Lebih spesifik, perbedaan yang bisa ditemui antara S4 dan STi adalah grill. Terdapat juga lubang pada fender dan secara keseluruhan bumper direvisi. Pelek tetap menggunakan tipe alloy 18 inci dengan desain lebih sporty.

Di dalam, terdapat pattern yang berbeda untuk beberapa bagian. Perbedaan mendasar hanya soal dekoratif, tidak ditemukan penambahan fitur atau perubahan bentuk pada komponen interior.

Model ini sudah mulai dijual di seluruh dealer Subaru Jepang, dengan harga 3.348.000 yen atau setara Rp 377,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com