Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Harley-Davidson Road Glide 2015

Evolusi Membumi Kuda Besi Touring "Berhidung Hiu"

Kompas.com - 06/08/2014, 10:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milwaukee, KompasOtomotif – Ketika Harley-Davidson mengumumkan produk 2014, Road Glide model bagger dengan ”sarung kepala” besar mirip hidung hiu tidak ada dalam line up. Setahun absen, akhirnya muncul versi baru yang diluncurkan berbarengan dengan Sturgis Motorcycle Rally di South Dakota, dan National Bikers Roundup di Oklahoma, Amerika Serikat, (3/8/2014), sebagai model 2015.

Produsen moge legendaris itu mengklaim Road Glide adalah salah satu model yang masuk dalam Project Rushmore yang melibatkan konsumen untuk memberi masukan terhadap jajaran produk baru. Alhasil, sepintas penampilan berbeda cukup jauh dibanding versi 2013.

motorcycleUSA Lampu depan lebih tak tersembunyi.

Ubahan
Paling mencolok adalah hidung hiu yang lebih agresif, tajam, dan ramping. Bagian ini juga sudah ditambah dengan kisi-kisi aliran angin untuk memperbaiki aerodinamika, terutama ketika belok dengan kecepatan tinggi. Dari samping, lampu tak lagi terlihat tersembunyi.

Sesuai masukan konsumen, lampu reflektor ganda dengan teknologi LED yang menjadi salah satu ciri khas dibuat lebih terang. H-D mengklaim, lampu dengan warna putih bening (brilliant white), punya sorotan lebih melebar 85 persen, dan 6 persen lebih terang. Sementara lampu sorot jauh (dim) lebih lebar 35 persen dan lebih terang 45 persen.

motorcycleUSA Masih menggunakan ciri khas bagger denga hidung hiu.


Penyimpan barang di samping (saddlebag) disamakan dengan model touring lain berbahan kaku dengan sistem buka-tutup yang simpel. Mesin juga sama dengan model touring lain, Twin Cam 103, berkapasitas 1690cc berpendingin udara. Perubahan lain, setang dan tombol-tombol yang lebih ergonomis, knalpot krom, dan pelek berlapis aluminium.

Harga
Road Glide standar dibanderol 20.899 dollar AS (Rp 244,5 juta) dilengkapi dengan cruise control, suspensi udara di belakang, sistem hiburan Harley BoomBox 4.3 dengan pengontrol di balik setang. ABS menjadi peranti opsional.

Yang ingin lebih lengkap, ada Road Glide Special dengan harga 23.199 dollar AS (Rp 271,4 juta) dengan sistem hiburan lebih dahsyat, BoomBox 6.5, yang terhubung dengan pengontrol layar sentuh dan sistem navigasi. Peranti rem juga lebih baik, termasuk ABS.

Model ini mulai dijual di AS mulai 25 Agustus yang tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Vivid Black, Amber Whiskey, Mysterious Red Sunglo (hanya untuk Road Glide), Black Denim, atau Superior Blue (hanya untuk Road Glide Special).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com