Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Harley-Davidson Jalan di Tempat

Kompas.com - 24/07/2014, 17:13 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Milwaukee, KompasOtomotif - Harley-Davidson (HD) berhasil mengantongi pendapatan bersih 354,2 juta dollar AS periode kuartal kedua tahun ini. Hasil ini diperoleh, berkat peningkatan omzet penjualan hingga 12,4 persen. Meskipun volume unit relatif stagnan, 90.218 unit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, 90.193 unit.

Meski secara statistik jumlah penjualan sepeda motor tidak terpaut jauh dari tahun lalu, tapi merek sepeda motor asal AS ini berhasil menaikkan keuntungan hingga 16,2 persen menjadi 1,48 miliar dollar AS dari sebelmnya cuma 1,28 miliar dollar AS.

Penjualan suku cadang dan aksesori juga naik, sementara produk seperti kaos, gantungan kunci, dan perak-pernik lain justru menurun. Secara total, pendapatan penjualan HD naik menjadi 1,83 miliar dollar AS dari sebelumnya 1,63 miliar dollar AS.

"Hasil yang diperoleh kuartal kedua Harley-Davidson mencerminkan kekuatan keuangan perusahaan dan merek, termasuk keuntungan beruntun dari peningkatan kegiatan operasional kami," jelas Keith Wandell, Komisaris, Presiden, sekaligus CEO HD dilansir

Motorcycle.com (22/7/2014).

Khawatir
Meski dari segi keuntungan perusahaan naik, tapi penjualan unit yang stagnan justru perlu jadi hal yang dikhawatirkan. Di luar AS, penjualan HD terus menurun, terutama di Kanada dan Jepang. Namun, justru meningkat di Eropa dan negara Asia lain.

Di negeri asalnya, AS, penjualan juga turun tipis, tercatat 58.225 unit hanya terpaut 16 unit dari hasil sebelumnya. Melihat hasil ini, HD berdalih dipengaruhi kondisi cuaca periode April-Juni 2014 cenderung lebih dingin, membuat peminat pengendara sepeda motor jadi berkurang.

"Penjualan ritel HD lebih kecil dari prediksi kami di kuartal kedua. Karena kami berkomitmen menjaga pasokan sesuai besarnya permintaan, " beber Wandell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com