Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Setelah 4 Dekade

Kompas.com - 07/07/2014, 12:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merayakan usianya yang ke-40 tahun di Indonesia. Karena cukup sakral dan menandai kiprah besar, perayaan ini dihadiri langsung Presiden dan CEO Yamaha Motor Co. Japan, Hiroyuki Yanagi, dan sejumlah pejabat pemerintah Indonesia.

Seremoni perayaan itu dilakukan di Kantor YIMM, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (7/6/2014), mengangkat pesan bahwa selama perjalanan hingga 40 tahun, Yamaha Indonesia telah meraih sukses dan diakui sebagai salah satu perusahaan otomotif produsen sepeda motor yang terpandang dengan sejumlah pencapaian mengagumkan.

"Banyak perkembangan dan prestasi yang kami raih selama waktu tersebut. Yamaha Indonesia menjadi perusahaan yang dicintai dan kami berharap semua yang kami lahirkan hingga saat ini bermanfaat untuk masyarakat Indonesia," ujar Presiden Direktur YIMM Yoichiro Kojima.

Berdiri pada 6 Juli 1974, Yamaha Indonesia kini memiliki dua bagian besar pabrik, yaitu dua untuk manufacturing dan empat produsen komponen, atau secara total mempunyai enam pabrik. Melahirkan tujuh group company dan 160 vendor yang tersebar di Jabodetabek dan Jakarta Timur. Jumlah karyawan lebih 20 ribu orang. Sementara lapangan kerja yang diciptakan dengan industri yang berjalan beriringan mencapai lebih dari 1 juta orang.

Kapasitas produksi mencapai 3 juta unit sepeda motor per tahun. Tercatat pula jaringan dan dilernya mencapai 4.300 dimana di dalamnya termasuk 6 DDS (Direct Distribution System) atau yang dikenal dengan Flagship Stores (FSS) di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Jambi, Madiun-Kediri.

Presiden dan CEO Yamaha Motor Co Japan Hiroyuki Yanagi menyampaikan kebanggaannya, bahwa saat ini Yamaha Indonesia sudah menjelma sebagai basis produksi sepeda motor kelas dunia.

"Kami berhasil menggandeng banyak pemasok dari Jepang untuk berinvestasi sebagai penerus industri komponen. Yamaha menjadi satu bagian dari kehidupan sehari-hari di negara ini, dan kami berharap semakin besar," tegas Yanagi.

Dalam perayaan 40 tahun ini juga akan ditandai dengan produksi model sport R25 untuk diekspor ke 14 negara, menjadikan Yamaha Indonesia sebagai perusahaan kelas dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com