Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mégane RenaultSport 275 Trophy-R Pecahkan Rekor Nurburgring [Video]

Kompas.com - 17/06/2014, 19:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Nurburgring, KompasOtomotif- Renault Megane Renaultsport 275 Trophy-R baru saja memecahkan rekor mobil produksi tercepat berpenggerak roda depan, yang mengelilingi sirkuit legendaris, Nurburgring, Minggu (15/6/2014). Catatan terbaiknya 7 menit 54,3 detik, lebih cepat empat detik dari pemangku titel sebelumnya, Seat Leon Cupra 280 (7 menit 58,4 detik) yang terekam pada Maret lalu.

Dikendarai Laurent Hurgon, test driver dari Renault Sport Technologies, Mégane Renaultsport 275 Trophy-R menggunakan mesin bensin 2.0 liter, turbocharger, bertenaga 271 PS dan torsi 360 Nm. Secara teknis sama dengan versi Mégane Renaultsport 275 Trophy yang memiliki bobot 1.381 kg, tapi tambahan lambang “R” menandakan lebih ringan 100 kg.

Bodi lebih enteng didapatkan karena melucuti sebagian besar peredam suara. Jok belakang disingkirkan kemudian diganti rangka pelindung. Sistem pendingin udara dan radio juga “dibuang”, sementara material “berat” lain diganti yang lebih ringan.

Sistem mekanis limited slip differensial jadi kunci untuk pengendalian. Didukung lagi oleh suspensi Ohlins dan Allevard di bagian depan. Ban menggunakan Michelin Pilot Sport Cup 2 yang khusus dibuat untuk mobil berpenggerak roda depan. 

Setelah berhasil menorehkan rekor, Megane Renaultsport 275 Trophy-R akan muncul di hadapan publik Goodwood Festival of Speed untuk pertama kalinya pada 27 Juni nanti.

Video.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com