Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Terlindungi di Kabin Mercedes-Benz CLA

Kompas.com - 25/04/2014, 16:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mercedes-Benz Indonesia menggelar test drive untuk konsumen, dalam Driving Experience, yang digelar Sabtu-Minggu (26-27 April 2014), di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Namun sebelumnya, beberapa jurnalis diperkenankan menjajal perangkat keselamatan aktif CLA-Class, hari ini, (25/4/2014).

Dua trek khusus disiapkan di sisi Utara Parkir Timur Senayan. Masing-masing terdapat beberapa rintangan yang dibatasi cone, yaitu area slalom, lintasan basah bersabun yang sangat licin, lintasan basah khusus untuk sisi kiri, dan trek lurus kering sekitar 500 meter. Semua trek itu untuk menguji kenyamanan, pengendalian, sekaligus beberapa fitur keselamatan.

Ada 2 varian CLA disediakan dalam tes ini, yaitu Urban dan Sport. Secara spesifikasi teknis, keduanya sama. Perbedaan hanya terdapat pada aksesori dan kelengkapan lain yang lebih banyak di tipe Sport. Namun agar merasakan sensasi berbeda, KompasOtomotif menggeber keduanya.

Donny Apriliananda Diuji di lintasan slalom. Sangat lincah.

Lincah
Duduk di dalamnya serasa naik sportcar mewah. Desain dasbor, jok, hingga penempatan tombol-tombol di pintu menghadirkan nuansa sporty yang sangat kental. Tapi bukan soal interior yang akan dieksplor, karena Mercedes-Benz sudah sangat lihai membuat penumpangnya merasa nyaman dan berbeda.

Setelah melakukan persiapan dan berada di jalur tes, gas segera digeber. Melakukan slalom agak kencang. Merasakan kelincahan sangat menyenangkan. Gerakan setir dan arah belok sangat presisi, tidak selip, tidak ada understeer atau oversteer.

Semua berkat fitur Electronic Stability Program (ESP) yang dilengkapi dynamic cornering control system, bekerjasama dengan sistem Direct-Steer untuk setir yang nyaman dan lincah, bak pengemudi yang sudah sangat mahir.

MBI Mengerem mendadak dalam kecepatan tinggi di jalanan licin. Tidak ngesot.

Anti-”ngesot”
ESP lagi-lagi bekerja melindungi keselamatan penumpang dalam tes pengereman di jalan licin bersabun. Dalam hal ini, dibantu Anti-Lock Braking System (ABS) yang sangat halus. Getaran buka-tutup piston rem yang biasanya terasa, berhasil diperhalus oleh para insinyur Jerman.

Mengerem dalam kecepatan 80 kpj di atas lintasan basah dan licin ternyata tak membuat mobil ngesot kanan-kiri. Di ujung lintasan basah dipasang cone lagi yang mengharuskan mobil dibelokkan ke kanan untuk keluar jalur.

KompasOtomotif bisa merasakan licinnya lintasan, namun ketika setir dibelokkan untuk menghindari cone, CLA bisa diajak kompromi. Manuver tersebut bisa dilakukan berkat ABS dan juga brake assist (BA). Keduanya berkolaborasi mengatur distribusi daya cengkram dan kekuatan daya rem. Bisa dibayangkan, di jalanan umum, ketika mengerem mendadak dalam kondisi licin, dan butuh sepersekian detik untuk menghindar, fitur keselamatan ini akan sangat berguna.

Lepas dari lintasan basah dan berbelok, pedal gas kembali digeber penuh untuk diuji di lintasan licin kedua, hanya basah di sisi kiri. Lagi-lagi, kerjasama ABS, BA dan ESP menjaga posisi mobil tak keluar jalur.  Dalam kondisi licin sebelah, pedal gas kembali digeber penuh. Mengejutkan, ban tidak spinning (berputar di tempat), karena adanya fitur Acceleration Skid Control (ASC).

MBI KompasOtomotif dalam kabin CLA di lintasan slalom.

Lintasan kering
Tes diakhiri dengan mengerem mendadak di lintasan kering dalam kecepatan 80-100 kpj. Di lintasan basah saja tidak ada masalah, apalagi lintasan kering. Sistem keamanan mobil ini sangat bisa diandalkan. Belum lagi adanya kantung udara yang terpasang di hampir tiap sudut, seperti pilar hingga dasbor bawah untuk melindungi kepala dan lutut.

Tak hanya itu, sistem keamanan lainnya akan siap menjaga penumpang agar tetap tenang dalam perjalanan, yakni Attention Assist. Sistem peringatan hilangnya tekanan udara ban, bilah pembersih kaca dengan sensor hujan, lampu depan dengan sistem pembersih, dan ban run-flat yang tetap bisa diajak jalan saat kempes.

Bisa disimpulkan, CLA 200 Urban dan Sport melambangkan perpaduan antara desain memikat, mesin ideal untuk kondisi perkotaan, fitur teknologi paling mutakhir, serta kenyamanan dan keselamatan. Semua faktor tersebut cocok dirasakan mereka yang selalu antusias dalam menghadapi tantangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com