Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford EcoSport Melebihi Ekspektasi akan SUV Kompak

Kompas.com - 02/04/2014, 19:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Hua Hin, KompasOtomotif – Ford EcoSport bukan sekadar SUV kompak perkotaan biasa. Di dalamnya terdapat sederet fitur mobil premium yang ternyata di luar ekspektasi. Hal ini KompasOtomotif temukan dalam media test drive di Hua Hin, Thailand, akhir Maret lalu. Modal untuk bertarung di segmennya lebih dari cukup.

Bagaimana tidak, hampir semua aspek di dalam mobil ini berada di atas rata-rata SUV kompak lain di segmennya. Desain memukau dengan garis tegas kontemporer, merefleksikan kesan gagah sekaligus mewah. Terlepas dari ban cadangan yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, ternyata juga ada hubungannya dengan desain untuk memperkuat kesan SUV.

Faktor lainnya, ditemukan dalam sesi tes yang dikemas untuk merasakan semua fitur unggulan. Duduk di dalamnya, kesan yang tertangkap adalah pengendara mendapatkan posisi duduk yang tinggi dengan visibilitas baik. Jok ergonomis, didesain untuk ”memeluk” penumpang dan menahan pergeseran badan ketika menikung.

Nuansa kabin modern dengan pilihan material berkelas. Desain dashboard mirip kepunyaan Fiesta dengan tombol-tombol yang mudah dijangkau. Sunroof terpasang makin menambah kesan trendy.

Ford Motor Indonesia Ford EcoSport lahir dari kaum urban untuk konsumen perkotaan.

Tenaga
EcoSport Titanium (varian tertinggi) menjadi bahan untuk dieksplor. Ketika mulai digeber, raungan mesin 1.500cc Ti-VCT cukup terdengar ketika berakselerasi. Namun hal tersebut masih dalam batas kewajaran akibat peredaman kabin yang sangat baik.

Tenaga maksimal 110 PS dan torsi 142 Nm disalurkan lewat transmisi otomatik PowerShift kopling ganda, cukup responsif untuk berakselerasi. Untuk jalan santai di perkotaan sudah sangat cukup. Namun ketika dibutuhkan tenaga spontan, harus ada rasa ”tega” menginjak pedal gas lebih dalam, apalagi untuk melahap jalanan naik-turun dan berliku khas daerah pesisir Thailand, yang menjadi rute pengetesan. Kecuali jika tuas transmisi dipindahkan ke posisi ”S” dan gigi dipindah secara manual, torsi lebih cepat didapat.

Harus diakui, tenaga di putaran bawah tidak sebesar di putaran menengah dan atas. Bisa jadi karena membawa bodi bongsor, mesin yang juga dipakai Fiesta itu harus bekerja ekstra.

Meski pengujian tidak begitu sempurna karena berjalan secara konvoi, tapi rute yang ditempuh beragam. Mulai kawasan padat, jalan raya, hingga jalur berkelok. Secara keseluruhan EcoSport cukup mumpuni dipakai sebagai teman sehari-hari. Apalagi, konsumsi bahan bakar rata-rata dari MID 13 kpl, cukup baik untuk SUV.

Ford Motor Indonesia Ruang kargo luas, bisa diisi satu mesin cuci.

Lincah
EPAS (electric power-assisted steering) sangat membantu pengemudi menaklukkan semua kondisi jalan, baik di kecepatan rendah mau pun tinggi. Setirnya terasa presisi, ringan pada kecepatan rendah, tapi saat jalan kencang, terasa berat untuk kestabilan.

Penerapan EPAS juga didukung perangkat lunak Pull-Drift Compensation yang mampu mendeteksi kondisi jalan. Ada juga Active Nibble Control yang dapat mengurangi getaran dari roda kemudi sehingga berkendara lebih nyaman dengan getaran minim.

Suspensi tergolong rigid, membuat pengendara percaya diri namun tetap mempertahankan kenyamanan ketika melibas jalan berkontur tidak rata.

Fitur keselamatan membuat pengendara semakin tenang. Misalnya, Hill Launch Assist yang mempu menahan mobil selama tiga detik agar tidak tergelincir saat di tanjakan atau turunan. ABS, kontrol traksi, ESP, kantung udara, menjadi peranti standar.

Donny Apriliananda Ruang rahasia di bawah jok penumpang depan. Bisa diisi laptop, iPad, atau gadget lainnya.

Fleksibel
Yang melegakan, karakter EcoSport sebagai SUV sesungguhnya terasa dengan ground clearance yang tinggi, mencapai 200mm. Diklaim, genangan air 55cm atau menenggelamkan seluruh ban pun bisa diterabas. Dalam sesi lain, media dipersilakan menuruni semacam trotoar yang cukup tinggi untuk membuktikan fleksibilitas.

Semakin menyenangkan ketika tahu bahwa ada dua puluh ruang penyimpanan di dalam kabin! Di bawah jok penumpang depan, terdapat laci yang bisa dipakai menyimpan iPad atau gadget lain, bahkan sepatu. Lalu glove box berpendingin, atau ruang di pintu untuk menyimpan botol besar ukuran 1 liter.

Dengan diletakkannya ban cadangan di luar pintu bagasi, ruang kargo sangat luas untuk ukuran SUV kompak. Satu mesin cuci pun terbukti dapat diangkut setelah melipat kursi belakang. Volume total dalam kondisi tersebut bertambah menjadi 705 liter.

Ford SYNC membuat aktivitas mengemudi semakin aman dan tenang. Pengemudi bisa mengoperasikan telepon genggam dengan perintah suara, seperti menerima dan membalas pesan singkat, menelepon, atau memutar lagu kesukaan.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, inilah SUV perkotaan yang di luar dugaan mempunyai banyak kelebihan. Untuk yang menginginkan fleksibilitas, mobil fungsional serba-bisa, dan fun to drive, EcoSport yang ditawarkan di rentang harga Rp 190-250 juta adalah pilihan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com