Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Sport dan Trail Elektrik Diproduksi 2 Tahun Lagi

Kompas.com - 22/04/2014, 08:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Tokyo, KompasOtomotif – Yamaha mengumumkan rencana mengubah konsep PES1 dan PED1 menjadi versi produksi, dalam dua tahun ke depan. Duo elektrik yang pertama kali nongol di Tokyo Motor Show November 2013 ini, mendapat sambutan baik dan dijadikan sebagai jendela untuk memasuki segmen kendaraan bertenaga listrik.

Kabar tersebut terkuak dari laporan tahunan merek berlogo garputala itu yang di-publish untuk umum. Disebutkan dalam laporan tersebut, di segmen sport, pihaknya memang sedang menciptakan nilai baru dengan kendaraan elektrik, dan akan diluncurkan dalam dua tahun dari 2014. Artinya, PES1 dan PED1 akan muncul pada 2016.

”Kami mengembangkan jenis sepeda motor elektrik dengan memasuki segmen off-road. Selain lebih hemat energi, keuntungan lain adalah memberikan pengalaman baru untuk penggemar dan pengoperasian yang belum pernah ditemukan sebelumnya,” begitu bunyi pernyataan dari laporan tahunan.

Sekilas, PES1 dan PED1 adalah akronim dari ”Passion, Electric, Street” dan ”Passion, Electric, Dirt”. Keduanya menggunakan motor listrik DC dan bateri lithium-ion. Desain rangka monokok. Transmisinya bisa manual atau otomatik. Tentu, status konsep masih melekat pada keduanya. Model pasti akan diubah ketika nanti sudah masuk fase produksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com