Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Komponen Astra Capai Rp 3 Triliun

Kompas.com - 18/10/2010, 16:29 WIB

LEMBANG, KOMPAS.com — PT Astra Otoparts Tbk atau AOP berhasil menjual suku cadang Rp 3 triliun lebih. Sementara itu, dana alokasi Rp 800 miliar—untuk memperkuat basis produksi komponen—baru terpakai 52,8 persen atau Rp 432 miliar. Informasi ini disampaikan Widodo E Rijanto, Direktur AOP, di Lembang, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Widodo mengakui bahwa membaiknya pasar otomotif nasional yang lonjakkannya mencapai 70 persen sampai September lalu ikut dinikmati pasar suku cadang. Buktinya, sampai Juni 2010, penjualan produk AOP mencapai Rp 3,046 triliun atau naik 25,7 persen dibanding tahun lalu hanya Rp 2,422 triliun.

"Jumlah pertumbuhan pasar otomotif berbanding lurus dengan penjualan komponen. Mereka naik, kita juga naik," beber Widodo.

Saat ini, AOP menjadi penyuplai komponen utama, baik untuk roda empat (Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu, Suzuki, Mazda, Hino, Nissan, dan Mitsubishi), maupun roda dua (Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki).

Untuk mengantisipasi suburnya bisnis otomotif, AOP juga sudah menggelontorkan dana Rp 432 miliar dari yang dialokasikan Rp 800 miliar untuk perluasan pabrik. Menurut Widodo, investasi sudah dilakukan sejak awal kuartal kedua guna membangun pabrik plastik dan aki.

Soal banyak beredarnya komponen China dan palsu, Widodo mengaku bahwa AOP tidak terganggu. Pihaknya justru tertantang untuk bisa bersaing di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com