Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Wapres Ma'ruf Amin Usai Coba Kabin Hyundai Kona Electric

Kompas.com - 18/07/2024, 15:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berkeliling ke booth peserta Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Ma’ruf kemudian berkunjung ke booth Hyundai.

Di booth Hyundai, Ma’ruf tak hanya diperkenalkan pada All New Kona Electric yang baru meluncur, namun juga menaiki mobil perdana Hyundai yang diproduksi pakai baterai lokal tersebut.

Baca juga: Tank 300 HEV dengan Spesifikasi Gahar 4x4

Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan, Ma’ruf datang ke Hyundai untuk melihat Kona Electric yang sudah diproduksi lokal dan punya tingkat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sampai 80 persen.

Wapres RI Ma'ruf Amin resmikan GIIAS 2024KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Wapres RI Ma'ruf Amin resmikan GIIAS 2024

“Bahwa sudah komplit rantai pasokannya dan itu yang ingin dilhat di mana produk dalam negeri yang TKDN disambaikan sudah 80 persen,” kata Frans panggilannya di ICE BSD City, Kamis (18/7/2024).

“Makanya Pak Wapres ingin melihat kendaraannya secara langsung dan duduk di dalam kendaraannya,” ujar Frans.

Frans mengatakan, selain berbincang mengenai manufaktur dirinya juga menjelaskan mengenai keunggulan All New Kona Electric.

Baca juga: Spesifikasi MG 4 EV XPower yang Hadir di GIIAS 2024

“Kebetulan saya menjelaskan salah satu kelebihan mobil listrik khususnya Kona bahwa di depan (kap mesin) itu tidak ada mesin lagi. Jadi dia tertawa itu di dalam (kabin),” katanya.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat. 
KOMPAS.com/Gilang PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Maruf Amin Ingin Otomotif Jadi Tonggak Indonesia Emas

“Kalau tadi lihat dia tertawa itu saya menjelaskan itu, ‘wah kalau buka kap mesinnya tidak ada lagi ya’ katanya. Lalu saya bilang itu jadi tempat penyimpanan tambahan, selain di belakang ada tempat tambahan,” ujar Frans.

Seperti diketahui, All New Kona Electric memang dibekali fitur baru yaitu ruang penyimpanan kecil yang terdapat di bawah kap mobil.

Fitur ini cukup menarik lantaran mengingatkan pada supercar yang memiliki ruang penyimpanan di kap mesin karena memakai mesin belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau