Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin Ingin Otomotif Jadi Tonggak Indonesia Emas

Kompas.com - 18/07/2024, 11:59 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin resmi membuka ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

"Perhelatan hari ini akan jadi ajang agar industri otomatif semakin kokoh dan berdaya saing tinggi," kata Ma'ruf di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2024).

Ma'ruf berharap industri otomotif dapat jadi penggerak industri di Indonesia. Terbukti industri otomotif banyak menyerap tenaga kerja.

"Industri otomotif jadi penggerak induatri nasional. Kalau dilihat ada 1,5 juta orang dalam rantai pasokan industri ini. Untuk itu kapasitas industri nasional terus ditingkatkan," katanya.

Dirinya juga percaya, industri otomotif mampu berkontribusi terhadap upaya Indonesia mencapai "Indonesia Emas" pada masa mendatang.

Baca juga: Daihatsu Pajang Mobil Listrik Konsep Me:MO di GIIAS 2024, Mirip Lego

Booth Daihatsu di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Booth Daihatsu di GIIAS 2024

"Industri otomotif nasional bisa mendukung upaya Indonesia emas. Oleh karena itu kemandiriannya perlu dibangun mulai dari bahan baku sampai perakitan dan sektor pendukungnya," ucap Amin.

Berbeda dengan tahun lalu, GIIAS 2024 memenuhi total 11 area hall, dengan penambahan satu hall baruseluas 12.000 meter persegi.

Tahun ini peserta GIIAS 2024 mencapai 55 merek. Jumlah ini bertambah sebab ada delapan merek baru yang terdiri dari kendaraan penumpang, komersial, sepeda motor, dan 120 merek industri pendukung.

Merek mobil yang berpartisipasi antara lain Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Baca juga: Spesifikasi Honda Step WGN Hybrid di GIIAS 2024

Kendaraan komersial yaitu Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks. Selain itu, tiga merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Adapun sepeda motor terdiri dari Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi dan Vespa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau