Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalista Jajaki Binsis Penyewaan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 18/07/2024, 11:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Indika Energy Tbk. (Perseroan) mengembangkan bisnis yang lebih ramah lingkungan, salah satunya melalui anak usaha PT Kalista Nusa Armada (Kalisa).

Ini merupakan perusahaan fleets-as-a-service (Faas) untuk mendorong mobilitas kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan menyewakan berbagai jenis kendaraan listrik.

Adapun peluncuran Kalista berlangsung pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/7/2024). 

Baca juga: Sedan Listrik Aion ES Resmi Dijual Rp 386 Juta

Azis Armand, Wakil Direktur Utama dan CEO Grup PT Indika Energy mengatakan, melalui langkah strategis ini,  pihaknya berharap Kalista dapat membantu bisnis-bisnis mengatasi berbagai tantangan dalam bertransisi ke electric vehicle (EV).

Misalnya seperti investasi modal awal yang besar, infrastruktur yang terbatas, dan pemeliharaan yang rumit.

"Sore hari ini kami ingin memperkenalkan Kalista, yakni suatu perusahaan yang sudah dibentuk kurang lebih sembilan bulan terakhir ini yang merupakan bagian dari Indika Energy. Dengan peluncuran ini tidak hanya akan dijadikan suatu produk namun jadi ekosistem berbasis listrik," ujar Azis di sela-sela acara peluncuran, Rabu (17/7/2024). 

Bocoran bus milik KalistaKOMPAS.com/ Adityo Wisnu Bocoran bus milik Kalista

Baca juga: Prius Plug-in Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Harganya Belum Diumumkan

Tidak hanya menawarkan penyewaan kendaraan listrik, Kalista tetapi juga menyediakan solusi untuk mempermudah klien dalam transisi menuju EV.

Misalnya seperti konsultasi dan perencanaan operasional bisnis klien mulai dari medan lintasan, jarak tempuh, ketersediaan infrastruktur hingga kapasitas yang dibutuhkan.

"Peluncuran Kalista ini merupakan bagian dari perjalanan Indika Energy untuk menghadirkan ekosistem listrik yang komprehensif di Indonesia untuk segmen yang beragam seperti perkotaan, logistik, hingga tambang dan perkebunan,” kata Aziz.

Jadi tidak hanya menyediakan penyewaan roduk berbasis listrik seperti truk, bus atau motor listrik namun Kalista akan  bagian ekosistemnya, misalnya fasilitas charger. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau