Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan Listrik Aion ES Resmi Dijual Rp 386 Juta

Kompas.com - 17/07/2024, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Aion Indonesia menutup hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dengan pengumuman harga resmi Aion ES.

Sudah sempat dibuka pemesanan awalnya jelang pameran, kini peminat sedan listrik asal China tersebut sudah secara resmi bisa memboyongnya.

"Sedan masih melambangkan kemewahan dan kenyamanan. Namun ada perhatian khusus bagi masyarakat Indonesia, baik pada bagian penumpang maupun kapasitas barangnya," ucap Andry Ciu, CEO Aion Indonesia di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (17/7/2024).

Baca juga: BAIC Serius Berinvestasi di Indonesia dan Mulai Produksi Lokal 2025

"Maka, Aion ES jawabannya. Dengan total dimensi yang luas dan teknologi canggih, mobil ini tetap terjangkau. Pemakaian platform pure BEV juga kelebihan lain, yang mana titik gravitasinya di tengah dengan weight ratio terbaik," kata dia.

Tersedia dalam satu varian, mobil ini dijual dengan harga Rp 386 juta OTR Jakarta.

Aion ES memiliki panjang 4.810 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.545 mm, serta wheelbase 2.750 mm.

Sedan listrik Aion ESKOMPAS.com/Ruly Sedan listrik Aion ES

Bagian depan mobil menampilkan ciri khas kendaraan listrik dengan gril tertutup, dilengkapi lampu LED yang menyipit.

Sisi sampingnya, punya desain minimalis dengan garis tegas membuat Aion ES tampak agresif. Sementara kaki-kaki menggunakan pelek berukuran 17 inci yang dibalut ban dengan profil 215/55.

Berlanjut ke bagian buritan, terlihat lampu LED memanjang dengan stop lamp berbentuk horizontal. Ini terlihat cukup sederhana, dengan emblem GAC dan Aion ES di pintu bagasi.

Masuk ke bagian interior, kabin Aion ES tampak sporty dengan dominasi warna hitam. Layar instrument masih mengusung desain analog yang dipadukan dengan digital.

Setir sendiri memakai model palang dua dengan audio steering switch. Namun, pengaturan kursi masih manual serta setir yang hanya bisa diatur setir dan telescopic.

Sementara untuk head unit ukurannya cukup kecil, namun untuk pengaturan AC sudah dual zone dan digital menggunakan tombol yang berada di bawah kisi-kisi AC.

Sedan listrik Aion ESKompas.com/Ruly Sedan listrik Aion ES

Pada bagian konsol tengahnya, terdapat transmisi dengan model knob serta beberapa tombol lain seperti autohold dan electric parking brake.

Untuk fitur, Aion ES sudah dibekali Vehicle Stability Control (VSC) yang dilengkapi ABS, EBD dan TCS. Namun, sedan listrik Aion ini belum mendapat Advanced Driver Assistance System (ADAS) alias fitur keamanan yang lebih lengkap.

Baca juga: Neta X Resmi Meluncur di GIIAS 2024, Harga mulai Rp 460 Juta

Sedan listrik tersebut dibekali baterai dengan kapasitas 55,2 kWh. Baterai tersebut menggerakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 100 kW atau 134 Hp dan torsi 225 Nm.

Dalam kondisi baterai penuh, Aion ES bisa menempuh jarak hingga 442 Km berdasarkan NEDC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau