Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Klaim Rebut 52 Persen Pasar Mobil Listrik Tanah Air

Kompas.com - 17/07/2024, 19:21 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Wuling Motors (Wuling) telah mencapai usia 7 tahun di Indonesia, mulai dari awal peresmian pabrik di tahun 2017 sampai dengan pencapaian yang diraih hingga tahun 2024.

Sebagai gambaran pabrik Wuling di Indonesia telah memproduksi lebih dari 146.000 unit guna memenuhi kebutuhan mobilitas baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kemudian, dalam kurun 7 tahun, Wuling menghadirkan 7 lini produk mobil penumpang baik dari segmen ICE, Hybrid dan juga EV untuk memberikan pilihan beragam buat konsumen.

Baca juga: Curhat Konsumen Saat Beli BYD Dolphin yang Kotor, Ini Tanggapan BYD

Presentasi booth Wuling saat GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Presentasi booth Wuling saat GIIAS 2024

Seluruh lini produk Wuling tersebut pun diproduksi secara lokal di fasilitas pabrik Wuling di Indonesia.

Wuling pun telah didukung oleh jaringan lebih dari 150 diler yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

“Terima kasih kepada para pelanggan yang jumlahnya hampir 140.000 pelanggan di Tanah Air,” ujar Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors di Tangerang (17/7/2024).

Baca juga: Motor Listrik Vision.ev Sekali Cas Diklaim Bisa Jalan 160 Km

“Berkat kepercayaan dari konsumen ini membawa Wuling terus berada dalam jajaran Top brand otomotif terkemuka di Indonesia,” kata dia.

Arif juga mengatakan, di tengah persaingan segmen EV yang makin ketat, Wuling turut berhasil meneguhkan posisinya dengan torehan angka penjualan lebih dari 20.000 unit di Indonesia secara akumulasi.

“Dengan angka tersebut, Wuling EV pun mendominasi segmen kendaraan listrik Tanah Air dengan market share sebesar 52 persen dari sejak awal tahun hingga Juni 2024. Prestasi tersebut menjadikan Wuling sebagai brand EV nomor 1 di Indonesia,” ucap Arif.

Baca juga: Bocoran Harga MG Cyberster yang Meluncur di GIIAS 2024

300 unit Air ev mulai diberangkatkan menuju Bali sebagai Official Car Partner KTT G20 dari fasilitas pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat. Jawa Barat (Jabar) teratas dalam realisasi investasi.Dok. Wuling 300 unit Air ev mulai diberangkatkan menuju Bali sebagai Official Car Partner KTT G20 dari fasilitas pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat. Jawa Barat (Jabar) teratas dalam realisasi investasi.

Sebagai informasi, seluruh lini Wuling EV yang terdiri dari Air ev, BinguoEV, dan Cloud EV diproduksi di Cikarang, Jawa Barat.

Selain pasar domestik, Wuling juga telah melebarkan sayap dengan membukukan angka ekspor mendekati 5.500 unit dengan 14 negara tujuan.

Menariknya, sepertiga dari jumlah ekspor tersebut merupakan kendaraan listrik. Hal ini menjadikan Wuling sebagai produsen otomotif Indonesia satu-satunya yang mengekspor EV secara utuh ke mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau