Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JRC Bekasi Beroperasi, Layani Rute Blok M dan Pasar Baru

Kompas.com - 10/07/2024, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memudahkan dan mendukung penggunaan angkutan umum, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) kembali membuka layanan Jabodetabek Residence Connexion (JRC) di Bekasi.

Layanan angkutan umum massal ini kembali dibuka untuk melayani dua rute yang melintasi Kota Bekasi serta Kabupaten Bekasi.

Rute pertama melayani perumahan Harapan Indah menuju Stasiun MRT Blok M, sedangkan satunya lagi Harapan Indah menuju Pasar Baru.

Sekretaris BPTJ Dedy Cahyadi menyampaikan, layanan JRC merupakan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah, dalam hal ini BPTJ dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Dinas Perhubungan Kota Bekasi dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, PT. Hasana Damai Putra, juga PT. Sinar Jaya Megah Langgeng sebagai operator bus.

Baca juga: Komparasi Mesin Chery Tiggo 8 dan CR-V Turbo, Mana Lebih Bertenaga?

"Hal ini sesuai dengan peraturan presiden No 55 tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek di mana salah satu Indikator Kinerja Utama adalah pergerakan orang dengan angkutan umum mencapai 60 persen pada 2029," ujar Dedy, dalam keterangan resminya, Selasa (9/7/2024).

 

Bus Sinar Jaya JRCSinar Jaya Bus Sinar Jaya JRC

Untuk bus yang akan beroperasi pada kedua rute, masing-masing berjumlah tiga unit. Titik pemberhentian dari Harapan Indah menuju Stasiun MRT Blok M adalah Pasar Modern Kota Harapan Indah, Sayana, Halte Harmoni, Asera, RS. Citra Harapan, Bundaran Senayan, dan berakhir di Blok M.

Sementara titik pemberhentian dari Harapan Indah menuju Pasar Baru adalah Pasar Modern Kota Harapan Indah, Sayana, Halte Harmoni, Asera, RS. Citra Harapan, Cempaka Putih, Atrium Senen, Stasiun Gambir, dan berakhir di Pasar Baru.

Masyarakat Bekasi dapat menikmati layanan JRC dengan tarif Rp 25.000 untuk kedua rute tersebut melalui sistem pembayaran tunai.

Baca juga: PO San Sebut Penipuan Tiket Bus Makin Merajalela

Estimasi perjalanan dari Harapan Indah menuju Stasiun MRT Blok M adalah 1 jam 6 menit, sementara dari Harapan Indah menuju Pasar Baru 49 menit.

JRC Bekasi layani rute Harapan Indah Blok M dan Pasar BaruBPTJ JRC Bekasi layani rute Harapan Indah Blok M dan Pasar Baru

Unit JRC yang diluncurkan telah disesuaikan dengan Standar Pelayanan Minimal yang memiliki beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan.

Dari pendingin ruangan (AC), standar dudukan yang mudah disesuaikan, tidak diperbolehkan untuk berdiri, dan telah disediakan charging board atau USB port untuk mengisi daya ponsel. Sementara untuk kapasitas tempat duduk yang tersedia, hanya 43 seat dengan menghadap ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau