Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Mesin Chery Tiggo 8 dan CR-V Turbo, Mana Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 09/07/2024, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) siap meluncurkan Tiggo 8 sebagai medium SUV 7 penumpang terbaru, sekaligus pelengkap dari Tiggo 8 Pro.

Perbedaan signifikan antara Tiggo 8 dan Tiggo 8 Pro terletak dari tenaganya. Hal ini lantaran Tiggo 8 Pro menggunakan mesin yang lebih kecil, yakni 1.600 cc Turbo, sementara Tiggo 8 Pro 2.000 cc Turbo.

Lantaran itu serta adanya beberapa perbedaan lain, Tiggo 8 juga akan dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Bisa dibilang jadi varian ekonomis dari Tiggo 8 Pro.

Namun demikian, soal fitur Chery telah menjanjikan Tiggo 8 memiliki teknologi modern. Termasuk dengan sembilan fitur dari Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Baca juga: BYD M6 Bisa Dipesan dengan Booking Fee Rp 10 Juta

All New Honda CR-V TurboKompas.com/Nanda All New Honda CR-V Turbo

Kehadiran Tiggo 8 tentu menjadi pilihan baru, sekaligus kompetitor bagi Honda CR-V Turbo yang sama-sama bermain di segmen SUV 7 penumpang dengan mesin bensin.

Bila dibandingkan berdasarkan informasi spesifikasi yang Kompas.com dapat, Tiggo 8 dengan mesin 1.600 cc TGDI memiliki tenaga sebesar 185 ps atau setara 182 Tk. Sedangkan torsi puncaknya 275 Nm.

Sementara Honda CR-V Turbo yang mengusung mesin 1.500 cc DOHC VTEC, mampu memproduksi tenaga sebesar 190 Ps atau 187 Tk dan torsi maksimal 240.

Baca juga: Jadi Varian Ekonomis, Ini Bocoran Harga Chery Tiggo 8

Terlihat jelas dari sisi tenaga, Tiggo 8 harus mengakui keunggulan CR-V Turbo, namun bicara torsi atau momen puntir, SUV asal China ini lebih galak.

Tiggo 8CSI Tiggo 8

Soal transmisi, Tiggo 8 akan dibekali percepatan yang sama dengan Omoda 5 GT, yakni 7 speed dual-clutch transmission (DCT). Sedangkan CR-V Turbo mengusung perpindahan gigi CVT.

Meski Chery mengeklaim sisi efisiensi bahan bakar Tiggo 8 lebih baik dari Tiggo 8 Pro, sayangnya belum ada pembuktian. Sementara hasil pengetesan CR-V Turbo beberapa waktu lalu, redaksi mampu menorehkan angka 14,3 kpl untuk perjalanan luar kota dan 12,8 kpl di dalam kota berdasarkan MID.

Baca juga: Apa Benar Campur Nitrogen dengan Angin Biasa Bikin Ban Cepat Rusak?

Kelapangan dan kenyamanan kabin juga menjadi modal kuat Tiggo 8 bersaing dengan CR-V Turbo. Para penumpang akan dimanjakan dengan beragam fitur, salah satunya kehadiran pengaturan AC di tiap baris serta large size electric panoramic sunroof yang membentang di bagian atap.

All New Honda CR-V TurboKompas.com All New Honda CR-V Turbo

Honda juga melengkapi kemewahan interior CR-V Turbo dengan panoramic sunroof, namun tak sebesar yang dimiliki Tiggo 8.

Terkahir soal harga, Honda CR-V Turbo saat ini dipasarkan sebesar Rp 749,1 juta on the road (OTR) Jakarta, sementara Chery berencana memasarkan Tiggo 8 di bawah Rp 500 juta.

Baca juga: Dipakai Harian, Segini Rata-rata Konsumsi BBM Jimny 5 Pintu


Hal ini tentu menjadi gimik sekaligus poin telak bagi Chery untuk bersaing dengan Honda CR-V Turbo di segmen SUV tujuh penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau