Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Konsumsi Daya Baterai Neta V-II Dites Jalan Jakarta-Bandung

Kompas.com - 10/07/2024, 07:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Neta Auto Indonesia (NAI) memberikan pengalaman eksklusif kepada rekan-rekan media, untuk menguji performa dan menjajal langsung Neta V-II melalui uji coba perjalanan dengan rute dari Jakarta menuju Bandung, Jawa Barat.

Redaksi kompas.com mendapatkan kesempatan berada di balik kemudi mobil listrik terbaru Neta yang belum lama diluncurkan di Indonesia. Hal menarik, yaitu menakar efisiensi daya baterai Neta V-II karena sudah menggunakan jenis baterai baru.

Mobil listrik ini menggunakan komponen baterai baru garapan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia, yang sejak Maret 2024 menjalin kerjasama NAI.

Baca juga: Siap Meluncur di GIIAS 2024, Neta X Sudah Dapat Sertifikasi TKDN

Secara kapasitas, jika dibandingkan dengan Neta V sebelumnya sebenarnya lebih kecil. Neta V-II punya kapasitas baterai 36,1 kWh, yang sebelumnya 40,1 kWh. Namun, teknologi yang digunakan memungkinkan mencapai klaim jarak tempuh yang sama dengan sebelumnya, yaitu 401 km berdasarkan hasil tes CLTC.

Test Drive Neta V-II Jakarta-BandungBigEvo Test Drive Neta V-II Jakarta-Bandung

Baterai tersebut dikawinkan dengan motor elektrik tunggal yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 70 kW dan torsi puncak 150 Nm.

Pengujian efisiensi daya tahan baterai mobil listrik yang dibanderol Rp 299 juta ini dimulai dari diler Neta Kelapa Gading, Jakarta Utara menuju hotel di daerah Cihampelas, Bandung, Jawa Barat.

Saat itu kondisi baterai berada pada level 98 persen, dan perjalanan melewati jalan tol Jakarta-Cikampek via tol layang MBZ, dan sempat beristirahat di rest area KM 72 Cipularang. Jarak tempuhnya mencapai 66,7 km dan baterai tersisa pada level 71 persen.

Test Drive Neta V-II Jakarta-BandungKOMPAS.com / Aditya Maulana Test Drive Neta V-II Jakarta-Bandung

Usai istriahat kurang lebih satu jam, perjalanan pun dilanjutkan sampai ke tujuan di daerah Cihampelas, Bandung. Kondisi lalu lintas selama di perjalanan pun relatif ramai lancar, dan kecepatan rata-rata 90 kpj sampai 120 kpj.

Bahkan sesekali ketika masuk KM 90 tol Cipularang, sempat menggunakan model mengemudi dari normal ke sport. Reaksi gas makin ringan, tapi konsekuensinya adalah daya tahan baterai menjadi cepat habis.

Test Drive Neta V-II Jakarta-BandungKOMPAS.com / Aditya Maulana Test Drive Neta V-II Jakarta-Bandung

Tiba di lokasi finish, total jarak tempuh yang tercatat di MID, yaitu 131,6 km, dan sisa baterai berada di level 42 persen, serta tertulis sisa daya jelajahnya bisa mencapai 167 km lagi.

Sebagai informasi, Neta V-II dibekali sistem pengisian daya AC dan DC (fast charging). Pengisian daya baterai dengan sistem AC memerlukan waktu 8 jam dari nol ke 100 persen. Sementara DC hanya 30 menit untuk mengisinya dari 30 ke 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau