Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Honda BeAT Makin Langsing, Kejar Performa dan Efisiensi BBM

Kompas.com - 05/06/2024, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bobot All New Honda BeAT lebih ringan tiga kilogram daripada model sebelumnya. Bobotnya buat varian yang Deluxe, dari 90 kg jadi 87 kg untuk yang all new.

Bobot yang berkurang ini berkat pengoptimalan bagian mesin sehingga bisa menghemat bobot sampai 0,4 kg. Lalu di bagian pegangan belakang, bahannya diganti, jadi mengurangi bobot 0,6 kg.

Begitu juga untuk varian Deluxe dan Street, sudah tidak lagi menggunakan kick starter yang mengurangi bobot sampai 1 Kg. Bobot yang makin ringan dipercaya bisa meningkatkan berbagai hal, dari performa sampai efisiensi.

Baca juga: Alasan Honda BeAT Menghilangkan Kick Starter

All New Honda BeAT SeriesKompas.com/Adityo All New Honda BeAT Series

Takuro Nakamura, Large Project Leader All New Honda BeAT mengatakan, pengurangan bobot Honda BeAT tetap melihat dari segi kekuatan sampai kualitas.

"Untuk penghematan bobot, kita tidak semata-mata mengurangi. Tetap ada pendekatan dari sisi kekuatan, kualitas, dan itu tidak ada masalah," kata Nakamura di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Nakamura menjelaskan, motor yang bobotnya jadi lebih ringan merupakan hal yang bagus. Apalagi buat tim R&D, penghematan bobot pada sebuah produk akan meningkatkan banyak objek.

Baca juga: Mengoperasikan Mobil Transmisi Matik Tak Boleh Bertahan di Satu Posisi?


"Dari sisi akselerasi, performa berhenti (pengereman), gerakan (handling) jadi lebih bagus. Jadi penghematan bobot itu hal yang bagus," kata Nakamura.

All New Honda BeAT sekarang tersedia empat seri. Pertama ada CBS yang dibanderol Rp 18.430.000, lalau Deluxe dan Street yang harganya Rp 19.300.000, dan yang paling mahal Deluxe Smart Key dengan harga Rp 19.830.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com