Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Spesifikasi Yamaha NMAX Turbo dengan Model Lama

Kompas.com - 12/06/2024, 17:18 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran teknologi baru ini bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini.

Performa mesin baru pada NMAX Turbo didukung fitur Riding Mode yang menawarkan 2 mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring).

Kedua mode berkendara ini dapat dioperasikan melalui tombol 'Mode' pada bagian depan stang kemudi kiri.

Baca juga: Ambulans Angkut Jenazah Tak Dapat Hak Utama di Jalan

Peluncuran Yamahan Nmax TurboKOMPAS.com/ Adityo Wisnu Peluncuran Yamahan Nmax Turbo

Selain adanya Riding Mode, NMAX Turbo punya fitur YECVT yang dapat dioperasikan melalui Y-Shift di setang sebelah kiri.

Di mana fitur Turbo memiliki tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.

Menariknya, tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat dipakau untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk tikungan.

Baca juga: Apa Efek kalau Mobil Pakai Ukuran Ban Lebih Besar dari Standar?

Namun, bagaimana dengan performa NMAX terbaru? Apakah tenaga motor ini bertambah signifikan dibandingkan model sebelumnya?

Berdasarkan spek di atas kertas, NMAX Turbo memiliki tenaga maksimal 11,3 kW atau setara 15.1 Tk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Adapun untuk NMAX model sebelumnya memiliki tenaga 11,3 kW atau setara pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga: Cara Cek Ketebalan Kampas Kopling Mobil Manual Tanpa Dibongkar

All New NMAX 155. DOK. Yamaha All New NMAX 155.

Artinya, NMAX Turbo memiliki torsi yang bertambah sekitar 0,3 Nm. Sementara tenaganya sama. Padahal profil mesin tidak mengalami ubahan yang berarti.

Di mana NMAX masih mengusung mesin berpendingin cairan 4 Tak SOHC VVA. Dengan ukuran diameter x langkah (58 mm x 58,7 mm), dan volume ruang silinder 155,09 cc. Sementara perbandingan kompresi juga masih sama, yaitu 11,6:1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com