Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Motor Listrik yang Paling Banyak Dipakai di Indonesia

Kompas.com - 07/06/2024, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sampai dengan Juni 2024, berdasarkan data yang dikeluarkan situs penyaluran motor listrik subsidi, Sisapira, penjualan motor listrik mencapai 15.109 unit. Angka ini telah melebihi capaian pada sepanjang tahun 2023, yakni sebanyak 11.532 unit.

Dalam riset Populix terbaru yang bertajuk “Electric Vehicle Dynamics: Unveiling Consumer Perspectives and Market Insights” menunjukan bahwa ada tiga merek yang paling banyak digunakan oleh responden.

Tercatat, tiga merek motor listrik yang paling banyak digunakan adalah Volta (15 persen), Honda (15 persen, dan Polytron (13 persen).

Baca juga: Video Toyota Veloz Kesulitan Nanjak, Disalip Avanza Lawas

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Adapun tujuan utama respon menggunakan motor listrik untuk belanja kebutuhan sehari-hari (72 persen), mengunjungi teman atau keluarga (57 persen), antar-jemput teman atau keluarga (57 persen), bekerja (47 persen), dan perjalanan dalam kota (46 persen).

Untuk memenuhi tujuan tersebut, konsumen merasa bahwa jarak tempuh motor listrik yang ideal adalah 74,93 Km. Sedangkan, ekspektasi konsumen terhadap harga motor listrik rata-rata sebesar Rp 18.000.000.

VP of Research Populix Indah Tanip menjelaskan bahwa saat ini pembelian kendaraan listrik masih didorong kuat oleh program-program promosi.

Baca juga: PO Juragan 99 Trans Resmi Buka Trayek Bogor- Malang, Pakai Sleeper Bus

Adapun bentuk promosi yang paling disukai oleh konsumen adalah diskon khusus dari produsen seperti potongan harga atau cashback (65 persen), dan garansi baterai atau unit (65 persen).

Kemudian, subsidi pemerintah dalam bentuk diskon atau insentif langsung (57 persen), serta penawaran paket spesial selama periode tertentu (43 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com