Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memundurkan Motocross Tanpa Turun dari Motor

Kompas.com - 05/06/2024, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Motocross punya postur yang jangkung. Kesulitan naik sepeda motor tinggi ialah ketika akan mundur. Tak sedikit pengendara yang turun dan motor kemudian mendorong ke belakang.

Doddy Setiadi, instruktur dan mantan crosser nasional memberikan tips bagaimanca cara untuk memundurkan motocross dengan lebih mudah tanpa harus turun dari motor.

Baca juga: Subaru WRX tS 2025 Dibekali Suspensi dan Rem Baru, Performa Tetap Sama

“Biasanya kan sulit kalau mau memundurkan motor. Saya kasih tipsnya. Caranya tekan shockbreaker depan (sambil tahan rem), kemudian badan dicondongkan ke depan, lepas, dan motor akan mudur (sambil badan mengikuti),” ujar Doddy di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.

Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge 2024Foto: Yamaha Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge 2024

Doddy mengatakan, pengendara cukup memanfaatkan daya lontar shockbreaker. Dengan cara tersebut pengendara tidak butuh banyak tenaga untuk memundurkan motor.

Tips kedua dari Doddy ialah gunakan lutut untuk mengendalikan arah motor terlebih saat berdiri di atas footstep.

“Lutut atau dengkul harus menjepit motor atau bagian tangki. Lutut ini bisa buat mengarahkan motor. Jika mau ke kiri, injak (tekan) footstep kiri dan sebaliknya,” ujarnya.

Instruktur Patwal Puspom AU tersebut mengatakan, dianjurkan bahwa saat berada di trek tanah pengendara melintasi rintangan dengan berdiri di atas footstep.

Baca juga: Daftar Aksesori Resmi All New Honda BeAT Series, mulai Rp 59.000

Yamaha Indonesia menggelar kompetisi enduro atau balap ketahanan off road Yamaha yaitu Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge, pada 1-2 Oktober 2022 di Hambalang Jungle Land, Sentul, Bogor.KOMPAS.com/Gilang Yamaha Indonesia menggelar kompetisi enduro atau balap ketahanan off road Yamaha yaitu Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge, pada 1-2 Oktober 2022 di Hambalang Jungle Land, Sentul, Bogor.

“Dalam off road berdiri sambil mengendarai motor adalah hal yang sangat penting,” ujarnya.

Namun, cara berdiri yang benar pun ada patokannya. Posisi badan sedikit ke belakang, adapun siku, punggung dan lurut harus sedikit ditekuk. Menekuk sedikit persendian akan memudahkan dalam bergerak. Lihat Foto Cara mengendalikan motor dalam posisi berdiri.

Ketika berdiri di atas motor jaga keseimbangan dengan cara memosisikan agar bahu sejajar dengan setang. Jika setang bergerak ke kiri maka bahu mengikuti ke arah kiri dan juga sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com