Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Borlindo Rilis Sleeper Bus Baru Edisi Spesial

Kompas.com - 04/06/2024, 20:35 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai sejumlah foto bocoran calon bus barunya beredar di media sosial beberapa waktu lalu, perusahaan otobus (PO) Borlindo akhirnya resmi merilis kendaraan barunya.

Kabar ini diumumkan lewat Instagram @newarmada.official selaku karoseri yang merancang bodi dari bus anyar tersebut. Unit ini dirancang spesial lantaran menjadi sleeper bus unik yang berbeda dari biasanya dalam rangka edisi ulang tahun PO Borlindo yang ke tujuh. 

Sleeper bus yang di beri nama Vega ini punya desain kabin unik, sebab konfigurasi kursinya 2-1. Sementara itu, mayoritas sleeper bus menggunakan konfigurasi 1-1. Jumlahnya ada 41 kursi sleeper yang dibuat secara bertingkat. 

Namun desain kursi sleeper bus dengan konfigurasi seperti ini juga telah diterapkan pada layanan bus AKAP milik PO Sinar Jaya. Dengan desain seperti ini, penumpang bisa duduk berdua dengan kaki selonjoran. 

Baca juga: Ingat, Mengemudi dalam Keadaan Mengantuk Sangat Berbahaya

Bus baru PO Borlindoinstagram @newarmada.official Bus baru PO Borlindo

Baca juga: Ingat, Mengemudi dalam Keadaan Mengantuk Sangat Berbahaya

Masing-masing kursi dilengkapi USB port, kisi-kisi AC, cup holder dan tirai. Secara kesuluruhan, desain interior tampil elegan dengan dominasi wood panel. 

Untuk bagian eksterior tampil sporty dengan balutan bodi Skylander Aero 9 SLR buatan Karoseri New Armada. Sekedar informasi, Skylander Aero 9 SLR dengan kabin yang memang dirancang sebagai sleeper bus.

 

DNA desain bus PO Borlindo juga masih digunakan, yakni kelir dasar putih dengan permainan livery gari merah dan garis biru. Tidak ketinggalan disematkan pula gambar mahkota merah menghiasi bodi samping.

Kemudian, bus ini digendong oleh sasis bus model tronton dari Scania K410. Ciri khas dari sasis bus tronton yakni punya jumlah as roda tiga atau triple axle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com