Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Zarco, Sekarang Giliran Quartararo Kecewa dengan FIM Stewards

Kompas.com - 03/06/2024, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Johann Zarco sempat kesal dan mempertanyakan soal kinerja FIM Stewards yang dianggapnya tidak becus. Kali ini, giliran Fabio Quartararo yang dibuat kecewa pada MotoGP Italia 2024 di Sirkuit Mugello.

Pada saat sprint race, Miguel Oliveira yang mencoba menyalip Quartararo kehilangan grip ban depan. Oliveira terjatuh dan turut menyapu Quartararo hingga keluar trek.

Baca juga: Pedrosa Naik Podium MotoGP Spanyol karena Quartararo Kena Penalti

Namun, Oliveira tidak dikenakan sanksi apa pun. Berbeda jauh dengan apa yang terjadi pada Quartararo dan Aleix Espargaro saat MotoGP Belanda 2022 di Sirkuit Assen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Saat itu, Quartararo dinilai mencoba menyalip Aleix secara agresif hingga menyenggolnya, tidak sampai ada yang terjatuh. Tapi, pebalap Yamaha tersebut dikenakan long lap penalty.

"Saya bicara sedikit dengan Miguel. Dia, tentu saja, mengerem lebih lambat, dia membuat kesalahan, dan kami terjatuh bersama. Tapi, hal seperti ini bisa saja terjadi," ujar Quartararo, dikutip dari Crash.net, Senin (3/6/2024).

Baca juga: Fabio Quartararo Jadi Pebalap MotoGP dengan Gaji Tertinggi

FIM Stewards menyebut kecelakaan yang terjadi pada Miguel dan Quartararo sebagai insiden balap biasa. Sehingga, tidak ada penalti atau sanksi yang perlu diberikan kepada Oliveira.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024@mj_photogp Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

"Saya ingin berbicara dengan mereka hanya untuk menjelaskan sedikit, tapi saya seperti bicara dengan tembok, mereka tidak mengatakan apa pun," kata Quartararo, dikutip dari Motorsport.com, Senin (3/6/2024).

"Saya keluar ruangan lebih bingung dibandingkan saat sebelum saya masuk. Tapi, itu tidak buruk. Ini seperti saya berbicara dengan orang yang tidak pernah balapan, ini menyedihkan, sepertinya kami butuh orang yang lebih layak," ujarnya.

Quartararo menambahkan, dia menemui FIM Stewards bukan untuk meminta agar Oliveira diberikan penalti. Tapi, untuk menunjukkan bahwa FIM Stewards tidak melakukan pekerjaan dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com