Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Resmi Luncurkan Tim MotoGP 2024, Jagoan Quartararo dan Rins

Kompas.com - 06/02/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha resmi meluncurkan tim balap untuk MotoGP 2024. Desain livery minim ubahan, tetap mempertahankan dominasi warna hitam dan biru.

Secara desain, livery YZR-M1 tidak jauh berbeda dibanding musim lalu. Hanya pada bagian warna biru terlihat lebih terang dengan tambahan motif kamuflase berwarna abu-abu.

Baca juga: Davide Brivio Dikabarkan Bakal Menggantikan Lin Jarvis Yamaha

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan, tahun ini Yamaha sudah melakukan restrukturisasi organisasi dan siap untuk bangkit. Setelah melakukan perubahan signifikan pada tim proyek MotoGP dan dengan susunan pebalap baru, tim ini siap untuk menghadapi musim 2024.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Monster Energy Yamaha MotoGP (@yamahamotogp)

"Para insinyur Yamaha telah bekerja sepanjang waktu selama 'liburan musim dingin' dan terus mengembangkan motor. Jadi, meskipun corak motornya tetap sama untuk musim ini, ada banyak hal yang berbeda dari M1 spesifikasi 2024 daripada yang terlihat pada pandangan pertama," ujar Lin, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Lin menambahkan, ini akan menjadi musim yang panjang dan intens, di mana performa dan daya tahan akan diperhitungkan untuk meraih kesuksesan di kejuaraan. Dia yakin tahun ini akan menjadi salah satu musim MotoGP yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Lin Jarvis Ungkap Pentingnya Konsesi bagi Yamaha di MotoGP

Musim ini, Monster Energy Yamaha MotoGP akan diperkuat oleh Fabio Quartararo dan Alex Rins. Kedua pebalap ini sama-sama sudah berpengalaman di kelas utama.

Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.Dok. Yamaha Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Quartararo pernah mengatakan bahwa musim ini akan sangat krusial bagi masa depannya. Dia bisa saja pindah ke tim lain jika Yamaha tidak sekompetitif para kompetitornya.

"Ini adalah awal dari musim baru, yang selalu menarik! Semua orang kembali memulai dari titik nol, dan saya tahu saya dan tim sangat termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin selama Tes Sepang," kata Quartararo.

"Kami akan mengerahkan seluruh kemampuan kami setiap hari, setiap sesi, setiap putaran, dan setiap lap. Saya tahu Yamaha telah bekerja keras di belakang layar, jadi saya pikir jika kami terus mendorong diri kami sendiri hingga batas maksimal di semua aspek, kami seharusnya bisa menjalani tahun yang luar biasa bersama," ujarnya.

Baca juga: Penyakit Kronis Yamaha XMAX, Sistem Rem Bermasalah

Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.Dok. Yamaha Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Untuk Rins, ini akan menjadi musim pertamanya bersama Yamaha. Namun, bekerja sama dengan pabrikan Jepang bukan jadi yang pertama bagi Rins. Sebelumnya, dia pernah menjadi pebalap Suzuki dan Honda.

"Kami menjalani uji coba pertama yang bagus di Valencia, jadi saya cukup senang dengan hal itu, dan saya tak sabar untuk melanjutkan pekerjaan di Sepang besok. Ada banyak hal yang harus saya coba, tapi saya merasa percaya diri," kata Rins.

"Motornya terlihat mudah beradaptasi, jadi saya pikir saya akan bisa membuat beberapa langkah lebih jauh di Tes Sepang. Saya telah bekerja keras untuk meningkatkan kebugaran fisik saya agar bisa tiba di sini dengan kondisi terbaik, dan sekarang yang ingin saya lakukan adalah mulai balapan lagi," ujarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com