Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Quartararo Usai Tes Pramusim MotoGP 2024

Kompas.com - 09/02/2024, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim balap Monster Energy Yamaha menyelesaikan tes resmi pertama MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Kamis (8/2/2024) dengan baik.

Fabio Quartararo dan Alex Rins menyelesaikan tiga hari pengujian, di mana masing-masing menduduki peringkat ke-11 dan 16 klasemen secara keseluruhan.

Sesi delapan jam ketiga berturut yang dilaksanakan, sangat penting untuk mengumpulkan beberapa data akhir sehubungan dengan adanya penyesuaian yang baru.

Baca juga: Alex Marquez Sebut Marc Marquez Tidak Perlu Dibantu

Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024TINO MARTINO Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024

Pebalap Pabrikan Yamaha itu akhirnya menempati posisi ke-11 dan ke-15 masing-masing dalam timesheets hari ini dan ke-11 dan ke-16 dalam hasil tes MotoGP secara keseluruhan.

Quartararo melakukan putaran sebanyak mungkin untuk memastikan pengembangan lebih lanjut dari YZR-M1 2024 supaya lebih baik di tes berikutnya.

Quartararo menyelesaikan 56 lap dan pada akhirnya menyetujui mesin baru, aerodinamis, dan perangkat peluncuran serta mencatat kecepatan balapan yang positif.

Waktu terbaiknya pada hari ke-3 ialah 1 menit 57.525 detik yang dibukukan pada lap 12, membuatnya menyelesaikan tes di posisi ke-11 terbaik.

"Semua berjalan positif. Kami masih perlu meningkatkan kecepatan kami, jadi mudah-mudahan kami bisa mengambil langkah maju," ujar dia dikutip laman resmi Yamaha Racing, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: Pentingnya Hindari Penggunaan Lampu Hazard Saat Hujan

Alex Rins di MotoGP AmerikaTWITTER/RINS42 Alex Rins di MotoGP Amerika

"Mesin 2024 lebih baik, aerodinamis juga lebih baik, tapi kami kehilangan cengkeraman elektronik. Dengan kinerja ini saya pikir kita selangkah demi selangkah semakin dekat ke puncak," lanjut dia.

Quartararo pun menyatakan bahwa targetnya dalam laga tes dapat menduduki dua baris pertama di kualifikasi.

Sementara Rins menggunakan hari terakhir tes di Sepang untuk memberikan penilaian penuh atas berbagai item pengujian yang dibawa oleh Yamaha.

Fokus penuhnya adalah menyiapkan motor untuk musim 2024 dan mengumpulkan data sebanyak mungkin.

Baca juga: Modus Penipuan Jual Beli Motor Klasik Restorasi

Lap tercepatnya adalah 1 menit 57.879 detik, yang dicatat pada lap 13/52, yang membuatnya menyelesaikan Tes Sepang di posisi ke-15 pada peringkat Hari ke-3 dan di posisi ke-16 dalam hasil gabungan, 1 menit 197 detik dari puncak.

“Saya cukup senang karena kami melakukan pekerjaan pengujian dengan baik sejauh ini," kata Rins.

"Memang benar kami masih mengerjakan set-up dalam hal memperbaiki konfigurasi motor. Saya sedikit kesulitan untuk menghentikan motornya. dan ban belakang sedikit terangkat. Kami kehilangan sedikit waktu di area itu," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com