Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal di MotoGP Qatar, Quartararo Sebut Motor Yamaha Belum Kompetitif

Kompas.com - 14/03/2024, 13:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Yamaha Fabio Quartararo tidak puas dengan torehan pada ajang pembuka MotoGP 2024 yang digelar di Sirkuit Losail, Doha, Qatar pada akhir pekan lalu.

Pasalnya, ia berhasil memulai balapan dengan kondisi yang sangat baik. Namun di pertengahan laga, terjadi suatu masalah yang pada akhirnya hanya membawa dirinya finis di posisi ke-11.

"Kami semakin jauh dibandingkan kondisi tahun lalu. Memang telah ada peningkatan, tetapi kesenjangan antara semua pabrikan Eropa masih begitu besar," kata Quartararo disitat Speedweek, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: Bos Ducati Bilang Penampilan Perdana Marquez Menakutkan!

Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024TINO MARTINO Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024

"Dibandingkan dengan level tertinggi di seri ini, mungkin motor ini yang terburuk meskipun kami telah mengalami peningkatan," lanjut Quartararo.

Lebih lanjut, pebalap Monster Energy Yamah ini menjelaskan masih harus berjuang untuk merawat kondisi ban selama laga. Ia pun berharap Yamaha bisa segera menemukan solusi untuk balapan berikutnya.

“Saya harus menjaga ban dengan baik, namun sebenarnya saya memperkirakan akan lebih buruk setelah sprint race. Potensi dari motor kami dengan ban baru sangat buruk. Mudah-mudahan kami bisa menemukan solusi,” ujar dia.

Hal serupa juga dirasakan pebalap baru Yamaha, Alex Rins yang hanya mampu menyelesaikan balapan pada posisi ke-16. Padahal pada pertengahan laga, ia mampu bersaing sengit dengan Miguel Oliveira.

Baca juga: Tesla Siap Ekspansi ke ASEAN, Begini Strateginya

Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, MalaysiaDok. Yamaha Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia

Sayangnya, di lap-lap akhir ban motornya tergerus sangat parah, terutama di bagian sisi ban.

“Sejujurnya, kami cukup kesulitan pada balapan ini, tapi kami berusaha melakukan yang terbaik,” ujarnya.

“Pada awal balapan, saya dapat bangkit dari ketertinggalan dan merasa lebih baik pada lap demi lap. Saya sudah berada di posisi 11-12 besar, namun sekitar enam lap akhir saya tak bisa menahan motor lagi, ban sisi kanan hancur," ungkap Rins.

“Saya kemudian kehilangan banyak waktu dan sejak saat itu saya hampir tidak bisa lagi membelok di tikungan kanan," ucapnya lagi.

Adapun seri balapan selanjutnya akan digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal. Laga dijadwalkan pada 22-24 Maret 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com