Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Rilis Ioniq 5 N TA, Khusus Balapan Pikes Peak

Kompas.com - 03/06/2024, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai tidak hanya sekadar menghadirkan Ioniq 5 N. Mobil listrik tersebut benar-benar dibuat kencang untuk mengikuti balapan mendaki bukit yang legendaris, yakni Pikes Peak International Hill Climb di Amerika Serikat.

Dikutip dari Hyundai.com, Senin (3/6/2024), untuk mengikuti ajang tersebut, pabrikan asal Korea Selatan ini memperkenalkan Ioniq 5 N TA (Time Attack) Spec. Hyundai menargetkan bisa mencatatkan rekor untuk kategori Electric Production SUV/Crossover dan Electric Modified SUV/Crossover.

Ioniq 5 N TA Spec diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 677 Tk. Mobil balap listrik tersebut didesain untuk menyoroti kekuatan dari Ioniq 5 N versi produksi. Khususnya, sistem power electric (PE) standar Ioniq 5 N yang berkinerja tinggi tetap dipertahankan.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Bakal Hadir di Indonesia, Diproduksi Lokal?

Tenaga maksimum Ioniq N TA Spec telah ditingkatkan melalui penyetelan perangkat lunak untuk memaksimalkan performa. Hal ini diimplementasikan dengan meningkatkan output motor belakang sebesar 37 Tk.

Hyundai Ioniq 5 N TA SpecLarry Chen Hyundai Ioniq 5 N TA Spec

Selain itu, Hyundai N telah memilih untuk menggunakan N Active Sound+ dengan speaker yang dimodifikasi lebih dari 120 dB untuk meningkatkan umpan balik bagi pengemudi dan menggantikan sirene khas mobil balap listrik Pikes Peak.

Untuk menyesuaikan mobil dengan Pikes Peak, Hyundai menyematkan sokbreker baru, rem spesifikasi motorsport, ban slick Yokohama Advan 005 berukuran 18 inci, dan paket aerodinamis high-downforce yang unik.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N, Cita Rasa Mobil Listrik Sport Gim

Hyundai Ioniq 5 N slalom di lintasan basah, Proving Ground Hankook, Taean, Korsel.Hyundai - Korea Hyundai Ioniq 5 N slalom di lintasan basah, Proving Ground Hankook, Taean, Korsel.

Peningkatan keamanan tambahan termasuk kursi Recaro Pro Racer SPA Hans, tali pengaman Hans enam titik Sabelt, roll cage spesifikasi PPIHC, dan sistem pencegah kebakaran EV.

Ioniq 5 N TA Spec nantinya akan melewati jalur berkelok sepanjang 20 Km dan mendaki sejauh 1,4 Km. Tantangan lainnya adalah 156 tikungan, perubahan cuaca yang cepat, dan kondisi ketinggian yang dapat mempengaruhi pengemudi dan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com