Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 N Meluncur di Indonesia Juli 2024

Kompas.com - 19/05/2024, 09:02 WIB
Agung Kurniawan

Editor

SEOUL, KOMPAS.comHyundai Motor Company memastikan bakal meluncurkan mobil flagship andalan, Ioniq 5 N di Indonesia, Juli 2024. Peluncuran perdana akan memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2024 mendatang.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Joon Park, Head of N Brand Hyundai di Seoul, Korea, Kamis (16/5/2024).

"Tunggu saja dalam waktu dekat ini, di motor show (GIIAS 2024). Saya akan datang langsung ke Indonesia," ucap Joon di Taean Driving Experience, Korea, Jumat (20/5/2024).

Ioniq 5 N yang diperkenalkan pertama kali pada 2023 merupakan mobil listrik performa tinggi pertama dari Hyundai.

Berbeda dari model standar, Ioniq 5 N tergabung dalam Hyundai N Brand, divisi khusus yang membuat mobil dengan mengutamakan sensasi berkendara yang menyenangkan bagi para petrolhead.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Versi Mobil Balap, Begini Tampilannya

Hyundai Ioniq 5 N di Taean Driving Experience, Korea, Jumat (20/5/2024).KOMPAS.com/Agung Kurniawan Hyundai Ioniq 5 N di Taean Driving Experience, Korea, Jumat (20/5/2024).

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, berstatus mobil listrik, Ioniq 5 N memiliki tenaga maksimum hingga 478 kW atau 650 PS (641 Tk) dan torsi maksimum hingga 770 Nm, dengan dukungan dual-motor yang memungkinkan mesin berputar hingga 21.000 rpm.

Hasilnya Ioniq 5 N mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 260 Kpj dan berakselerasi dari 0 ke 100 Kpj dalam 3,4 detik.

Performa tinggi dari Ioniq 5 N turut diimbangi dengan baterai generasi terbaru berkapasitas 84 kWh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, pengendara bisa tenang melaju dalam kecepatan maksimal tanpa khawatir kinerja baterai akan terganggu.

Pembaruan tidak berhenti di situ. Hyundai telah melengkapi Ioniq 5 N dengan rem paling bertenaga, terdiri dari cakram depan 400 mm (15,7 inci) dengan kaliper empat piston dan cakram belakang 360 mm (14,1 inci).

Kekuatan sistem pengereman regeneratif juga telah ditingkatkan dan dapat memberikan gaya deselerasi 0,6 G. Bahkan terdapat fitur transisi tak terlihat antara rem regeneratif dan rem hidrolik.

Baca juga: Melihat Drift King Melibas Tikungan dengan Hyundai Ioniq 5 N

Mengetes langsung Hyundai Ioniq 5 N di Taean Driving Experience, Korea Selatan, Jumat (20/5/2024).Gesit Mengetes langsung Hyundai Ioniq 5 N di Taean Driving Experience, Korea Selatan, Jumat (20/5/2024).

Mode N Race memungkinkan pengemudi untuk memilih antara pengaturan 'Endurance' dan 'Sprint'. Yang pertama mengurangi tenaga puncak untuk sesi trek yang lebih lama sedangkan yang kedua memprioritaskan tenaga puncak.

Terakhir, mobil juga punya N Active Sound+ menggunakan delapan speaker internal dan dua speaker eksternal dengan profil suara mobil 2.0-liter turbo-four Hyundai N, RN22e, sampai suara jet tempur bermesin ganda.

Sama halnya dengan mobil-mobil Hyundai N lain, Ioniq 5 N juga dirancang dengan tiga pilar DNA Hyundai N, yakni Corner Rascal, Everyday Sports Car, dan Race Track Capability.

Hyundai pun mengklaim bahwa Ioniq 5 N merupakan kombinasi sempurna akan power, efisiensi, dan inovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com