Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Spesialis Mobil Hybrid Pertama Hadir di Indonesia

Kompas.com - 29/05/2024, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bengkel spesialis mobil hybrid yakni Domo Hybrid EV resmi meluncur di Indonesia. Spesialis yang masuk dalam Dokter Mobil (Domo) Group ini siap melayani berbagai perawatan sampai penggantian suku cadang mobil hybrid.

Hadirnya bengkel spesialis ini mengisi permintaan pemilik mobil hybrid yang sudah habis garansi servisnya di diler resmi. Selain itu bisa untuk alternatif buat merawat mobil hybrid selain di bengkel resmi.

Domo Hybrid EV bekerja sama dengan Mili EV Hybrid dari Malaysia yang sudah lebih berpengalaman menyediakan layanan servis buat mobil hybrid dan listrik. Melihat populasi mobil hybrid di Tanah Air yang meningkat juga jadi dorongan hadirnya Domo Hybrid EV.

Baca juga: Hyundai Buka Suara Soal Santa Fe Hybrid Meluncur di RI

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Ricky Sen, Commisioner Domo Group mengatakan, di negara tetangga, mobil hybrid dan EV sudah tren duluan. Jadi permintaan bengkel hybrid dan EV selain resmi dari pabrikan sudah banyak.

"Di Malaysia, tren mobil hybrid dan EV sudah banyak. Saya pikir kapan lagi kita mau bikin seperti ini. Setelah kita lihat penjualan Innova Zenix Hybrid meningkat, brand China berbondong-bondong masuk Indonesia, itu adalah kesempatan kita memulai lebih dulu," ucap Ricky di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Buat layanannya, Domo Hybrid EV menyediakan servis seperti Hybrid Battery Service, oli khusus hybrid, oli transmisi khusus hybrid, EV spesial anti karat, detailing, dan sebagainya. Buat biaya servis mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta, tergantung mobilnya.

Baca juga: Ducati Lenovo Pakai Seragam Biru Azzurri di MotoGP Mugello, Italia

Thayne Lika atau akrab disapa Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia mengatakan, layanan yang ditawarkan berbeda dengan servis di bengkel resmi.

"Biasanya yang dilakukan ATPM hanya sekadar servis, memelihara mesin. Kita lebih ke baterai, kita bersihkan, servis semua, sampai diagnosa, kita bisa refurbish dan rekondisi," kata Lung Lung.

Lung Lung menjelaskan, baterai mobil hybrid ada waktunya rusak, tapi tidak semua sel. Jadi di Domo Hybrid EV bisa rekondisi baterai tanpa mengganti satu pack baterai, cuma selnya saja.

Buat biaya refurbish atau ganti sel baterai mulai Rp 700.000 per sel baterai. Nantinya baterai yang sudah direkondisi harus dikalibrasi ulang biar seragam dengan baterai yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com