Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Jadi Salah Satu Sistem Transaksi Tol, Ini Cara Kerja MLFF

Kompas.com - 25/05/2024, 16:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh nirhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) resmi menjadi salah satu sistem transaksi jalan tol di Indonesia.

Keputusan tersebut tertuang dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2004 tentang Jalan Tol yang ditetapkan dan diberlakukan pada 20 Mei 2024.

Tertulis dalam Pasal 67 ayat (2), diketahui bahwa sistem pengumpulan tol secara elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa teknologi non-tunai nirsentuh nirhenti.

Baca juga: Saat Aki Mobil Listrik Soak Bisa Pakai Teknik Jumper?

Gantry MLFF di GT Ngurah Rai, Jalan Tol Bali MandaraKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Gantry MLFF di GT Ngurah Rai, Jalan Tol Bali Mandara

Dalam hal pelaksanaan pengumpulan tol dengan teknologi non-tunai nirsentuh nirhenti dilaksanakan oleh Menteri, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dapat dikenai biaya layanan.

Lantas, bagaimana cara kerja MLFF?

Pembayaran tol tanpa sentuh memerlukan beberapa alat penunjang yang harus dimiliki masyarakat, salah satunya aplikasi bernama Cantas. Aplikasi ini bisa diunduh di ponsel buat pembayaran jalan tol.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menjelaskan setelah masyarakat mengunduh Cantas perlu registrasi dan menyertakan data diri serta melakukan pilihan pembayaran pada aplikasi tersebut.

Pada sistem MLFF sendiri, menggunakan teknologi digital Global Navigation Satellite System (GNSS) yang mendeteksi perjalanan pengguna Cantas di jalan tol melalui GPS di ponsel.

Baca juga: Ketahui Penyakit Umum Mobil Transmisi Matik

Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.Dok. BPJT Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.

Gantry MLFF ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) yang bekerja dengan cara mengidentifikasikan seluruh kendaraan yang lewat, kemudian akan mengirim data ke pusat.

Secara otomatis, gantry MLFF akan memeriksa apakah kendaraan terdaftar, sudah membayar, dan memverifikasi apakah kendaraan melakukan pelanggaran atau tidak.

Sehingga MLFF meniadakan gardu di gerbang tol sebab transaksi tak perlu kontak seperti tap kartu uang elektronik. Kendaraan yang berisi penumpang pengguna Cantas akan terdeteksi sensor di gantry ketika melintas, posisi kendaraan juga telah terdeteksi GNSS.

Untuk transaksi pengguna wajib memastikan saldo di aplikasi cukup untuk pembayaran sebelum memasuki gerbang tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com