Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi, Sepeda Motor Terbakar di SPBU

Kompas.com - 23/05/2024, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus sepeda motor terbakar saat mengisi bensin beberapa kali terjadi di beberapa daerah. Paling baru terjadi di SPBU Jombang Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Selasa (21/5/2022).

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Twitter @info_ciledug, Selasa (21/5/2024). Dalam tayangan itu terlihat sepeda motor yang dilalap si jago merah, sejumlah pria pun tampak berusaha memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun, hingga video selesai, tidak dijelaskan apakah api berhasil dipadamkan atau tidak.

Baca juga: Beberapa Faktor yang Bisa Menyebabkan Truk Gagal Menanjak

Sepeda motor terbakar di SPBU Jalan Jombang Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Selasa (21/5/2024) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Belum diketahui penyebab terbakarnya motor tersebut,” tulis unggahan tersebut.

Insiden sepeda motor terbakar memang bukan pertama kali terjadi, untuk itu pengendara motor mesti selalu waspada untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan sepeda motor terbakar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Ciledug (@info_ciledug)

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, motor yang terbakar kemungkinan besar disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar (bensin).

“Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut.

Namun, Ribut menambahkan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber. Sebab isi bensin sampai luber pun masih cukup aman, karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standar mengarah langsung ke tanah.

Baca juga: Toyota Siapkan SUV Gazoo Racing Pertama

“Karena kalau cuma luber langsung habis terkena angin. Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” kata Ribut.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraan.

“Harus sering servis rutin di bengkel, terutama di bengkel resmi, karena di situ akan selalu di periksa termasuk keamanan dari selang-selang tersebut juga kabel busi,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com